oleh

Obat Dengan Bahan Baku yang Tidak Biasa

Kabar6-Salah satu jalan agar sembuh dari sakit yang kita derita adalah dengan mengonsumsi obat, sesuai anjuran dokter.

 

Obat tentu saja terdiri dari bahan-bahan penting yang khusus diramu untuk mengobati penyakit tertentu. Namun, terdapat bahan baku obat tidak lazim, yang dipercaya dapat membeikan manfaat besar bagi kesehatan:

 

1. Urine wanita menopause

Pada 1960-an, Dr Bruno Lunenfeld mengembangkan obat untuk wanita yang sulit punya keturunan karena kekurangan hormon folicle stimulating hormone (FSH).

 

Konon, obat yang kini dikenal dengan nama menotropin ini pertama kali dibuat dari urine para biarawati yang tidak menikah hingga mengalami menopause. Namun kini urine tersebut diambil dari para wanita menopause di wilayah Amerika Latin.

 

2. Urine kuda hamil

Bahan dasar untuk terapi sulih hormon dibuat dari urine kuda bunting, yang dinamakan Premarin, kependekan dari Pregnant Mare Urine (urin kuda bunting). ** Baca juga: Suku yang Mengidolakan Pria & Wanita Berbadan Gendut

 

3. Liur kadal berbisa

Dr John Eng bersama peraih nobel kedokteran Rosalyn Yalow, berhasil mengisolasi liur Heloderma Suspectum, yaitu kadal berbisa yang mematikannya, untuk memacu produksi insulin oleh pankreas. Liur ini dikenal dengan nama Byetta (exenatide).

 

4. Jengger ayam

Asam hialuronat merupakan salah satu obat penting untuk mengatasi radang sendi. Nah, obat radang sendi ini dibuat dari jengger ayam. Obat lain yang juga digunakan sebagai suplemen radang sendi adalah glukosamin, yang terbuat dari kepiting dan lobster.

 

5. Bisa ular

Dr Maurio Mauricio Rocha E Silva menemukan obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, yang diberi nama Captopril. Bahan dasar obat ini adalah bisa ular. Bisa ular juga memiliki senyawa yang bekerja sebagai penghambat angiotensin converting enzyme (ACE Inhibitor). Senyawa ini berfungsi menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko serangan jantung.

 

6. Keong laut beracun

Seorang ilmuwan asal Filipina, Baldomero Olivera PhD, mengembangkan obat pereda nyeri Ziconotide dan telah disahkan penggunaannya oleh FDA pada tahun 2004. Obat ini terbuat dari keong laut beracun.

 

7. Jamur-jamuran

Penicilin, antibiotik pertama yang ditemukan oleh Alexander Fleming pada 1920-an, berasal dari jamur yang ditemukan secara tidak sengaja di laboratorium Fleming. Doxorubicin, yang dibuat dari jamur untuk mengatasi pertumbuhan kanker, awalnya dibuat dari jamur yang mengotori dinding kastil tua di sebuah pulau kecil di Laut Adriatik.

 

Cephalosporin pun terbuat dari jamur, yang ditemukan secara tidak sengaja pada masa Perang Dunia II, ketika ilmuwan mendapati beberapa kain perca sama sekali bersih dari kontaminasi bakteri penyebab demam tifoid yang ketika itu tengah mewabah. (ilj)

Berita Terbaru