oleh

Marah pada Sang Kekasih, Pria AS Hancurkan Artefak Yunani Kuno

Kabar6-Hal yang dilakukan pria asal Amerika Serikat (AS) bernama Brian Hernandez (21) ini memang sungguh konyol. Bagaimana tidak, Hernandez menghancurkan artefak Yunani kuno yang berada di Museum Seni Dallas, Texas, setelah bertengkar dengan kekasihnya.

Hernandez, melansir Smithsonianmag, diduga mendobrak pintu depan kaca museum dengan kursi besi sekira pukul 21.40 waktu setempat. Polisi meninjau rekaman pengawasan yang menunjukkan Hernandez menggunakan bangku untuk menghancurkan dua etalase serta merusak beberapa karya seni kuno, termasuk dua pot yang diperkirakan bernilai US$5 juta.

Kepada polisi, pria itu mengatakan bahwa dia merusak museum karena ‘marah pada kekasihnya’. Selain artefak Yunani berusia 2.500 tahun yang diduga dihancurkan, Hernandez jug menghancurkan sebuah karya seni kontemporer asli Amerika senilai sekira Rp145 juta dan cangkir Yunani dari sekira 540 SM senilai sekira Rp1,4 miliar.

Kemudian, Hernandez diduga menghancurkan telepon, komputer, dan bangku dalam museum. Karena itulah, penjaga keamanan menyusul Hernandez di lantai utama museum. Petugas sendiri mendapat peringatan akan kehadiran ‘seseorang’ ketika alarm pendeteksi gerakan berbunyi.

Menurut polisi, Hernandez juga menelepon 911 untuk dirinya sendiri. Polisi tiba sekira pukul 22.10 dan menangkap pria itu. Perkiraan awal kerusakan yang ditimbulkan Rp74,7 miliar. Namun, direktur museum, Agustin Arteaga, yang bekerja dengan perusahaan asuransi untuk menentukan kerusakan, mencatat bahwa perkiraan akhir bisa lebih rendah dari jumlah awal US$5 juta.

“Kami mengantisipasi jumlah sebenarnya bisa menjadi sebagian kecil dari perkiraan awal US$5 juta,” demikian pernyataan Arteaga. ** Baca juga: Mengering dalam Lumpur, Lele ‘Zombie’ Hidup Lagi Setelah Kena Air

Meskipun area di mana Hernandez diduga menyebabkan kerusakan diblokir untuk memungkinkan penyelidikan berlanjut, museum tetap dibuka seperti biasa.(ilj/bbs)