oleh

Mandi Air Dingin Itu Menyehatkan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun lebih banyak orang yang memilih mandi menggunakan air hangat, terlebih selama musim hujan, mandi memakai air dingin pun ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang didapat ketika Anda mengguyur tubuh dengan air dingin. Dikutip dari Kawaii Beauty Japan, ini dia tujuh manfaat yang didapat ketika Anda mandi air dingin:

1. Lemak berkurang
Ketika tubuh bertahan di suhu yang dingin, ternyata hal itu juga mengubah cara tubuh bermetabolisme. Dengan suhu dingin, tubuh akan mengubah lemak kuning yang tidak sehat menjadi lemak cokelat yang aktif.

Hal inilah yang akan berperan penting dalam penurunan berat badan dan berkurangnya lemak di tubuh kita. Tak hanya itu, tubuh juga akan membakar lebih banyak kalori pada suhu yang dingin karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk menjaganya dari kedinginan.

2. Jarang sakit
Jika selama ini banyak yang mengira mandi air dingin bisa memicu flu, nyatanya mandi air dingin justru bisa menjadikan Anda lebih sehat dan jarang sakit. Studi mengungkapkan, mandi air dingin dapat mengurangi frekuensi sakit seseorang hingga 30 persen. Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh ketika kuman menyerang. 

3. Energi bertambah
Mandi air dingin akan mengaktifkan endorphin, yaitu hormon yang akan membuat Anda merasa senang. Salah satu efek endorphin adalah perubahan energi dan vitalitas yang cepat sekali, dan energi yang dihasilkan tersebut pun dapat bertahan lebih lama. Selain itu, mandi air dingin juga mampu mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

4. Tingkatkan toleransi terhadap rasa sakit
Hormon endorphin yang dihasilkan dengan mandi air dingin bisa mengurangi rasa sakit. Efek tersebut tidak hanya terjadi usai mandi air dingin, namun juga berpengaruh pada meningkatnya toleransi terhadap rasa sakit secara keseluruhan.

5. Bantu depresi
Mandi air dingin di pagi hari juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang mengalami depresi berat dan stres. Air dingin akan mengirimkan impuls listrik dalam jumlah yang sangat banyak dari syaraf ke otak, yang nantinya akan menghasilkan efek anti depresi.

6. Tingkatkan fokus
Dengan mandi air dingin, Anda akan merasa lebih fokus seperti ketika usai minum kopi. Air dingin akan mengaktifkan sistem emergency tubuh, sehingga perhatian dan fokus Anda pun akan meningkat. Kamu akan lebih fokus dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik.

7. Cepat pulihkan lelah usai olahraga
Banyak atlet profesional yang sudah membuktikan sendiri jika mandi air dingin usai melakukan latihan berat bisa mengurangi rasa nyeri otot, dan memulihkannya dalam waktu yang lebih cepat. Beberapa ahli menemukan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi inflamasi. ** Baca juga: Miss V Sehat, Wanita Wajib Cukupi Kebutuhan Harian Air Putih

Yuk, biasakan diri mandi air dingin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru