oleh

Makanan yang Membantu Kesehatan Pendengaran

Kabar6-Seiring pertambahan usia, fungsi pendengaran pun semakin berkurang. Karena itulah seringkali kita menyaksikan para manula menyetel televisi dengan suara yang sangat kencang.

 

Fungsi pendengaran dapat ditingkatkan antara lain dengan cara mengurangi kebisingan, memakai alat bantu dengar, serta membersihkan telinga secara teratur.

 

Nah, di samping ketiga hal di atas, mengonsumsi makanan tertentu pun dapat meningkatkan pendengaran, sekaligus menambah kesehatan indra pendengaran.

 

Makanan apa sajakah itu?

 

1. Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin D seperti inyak hati ikan cod, minyak ikan, salmon, ikan tuna, hati, dan kuning telur. Vitamin D dapat membantu meningkatkan pendengaran, karena berfungsi menyerap kalsium yang dibutuhkan bagi kita untuk memiliki tulang yang kuat.

 

Kekurangan Vitamin D dapat  menyebabkan osteopenia pada orang dewasa, yaitu suatu kondisi di mana tulang-tulang telinga mengeras dan menjadi berpori.

 

2. Perbanyakan makanan yang mengandung Vitamin A, dengan kombinasi Vitamin C dan E, serta magnesium. Kesemuanya dapat bekerjasama untuk mencegah pembentukan radikal bebas, yang terbentuk akibat kebisingan.

 

Suara bising dapat mengurangi sirkulasi darah ke telinga bagian dalam. Nah, vitamin dan mineral tadi dapat berkolaborasi  untuk menghancurkan radikal bebas. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan hijau tua dan kuning seperti brokoli, bayam labu, dan  melon.

 

Vitamin B terdapat pada sumber hewan seperti hati, susu, mentega, dan keju. Vitamin C didapat dari paprika hijau dan merah, lemon, stroberi, dan buah jeruk. Vitamin E pada gandum, sayuran berdaun hijau, dan margarin. Sementara magnesium terdapat dalam produk susu, daging, ikan, unggas, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

 

Sirkulasi darah yang terganggu, tekanan darah tinggi, tulang-tulang di telinga tengah yang kaku, adalah beberapa penyebab tinnitus atau telinga berdenging.

 

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B12 atau cobalamine, yang akan membantu meningkatkan pendengaran dengan mengatur pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme homosistein, dan mencegah tinnitus.

 

Sumber Vitamin B12 antara lain produk susu, telur, daging sapi dan kerang. Sementara kandungan Asam Folat terdapat dalam hati sapi, bayam, asparagus, kacang hijau, brokoli, alpukat, dan lain-lain.

 

4. Mengonsumsi makanan yang kaya Mangan, untuk meningkatkan pendengaran yang membantu pembentukan jaringan ikat dan tulang. Sangat diperlukan untuk fungsi normal otak dan saraf.

 

Makanan kaya Mangan antara lain apel, aprikot, alpukat, kacang, nanas, buah, kismis, seledri, kuning telur, dan kacang. ** Baca juga: Khasiat Dahsyat Bawang Putih Mentah

 

Jaga senantiasa kesehatan pendengaran Anda, karena meruapak salah satu aset penting manusia. (ilj)

Berita Terbaru