oleh

Luar Biasa, Seumur Hidup DeGrandis Miliki Ingatan yang Sempurna

Kabar6-Joey DeGrandis (26) memang tergolong orang yang luar biasa. Bagaimana tidak, ia memiliki daya ingat yang hampir sempurna. Artinya, segala kejadian yang terjadi di masa lalu masih tersimpan kuat dalam benaknya.

Kelebihan itu, seperti dilansir Independent, berawal saat DeGrandis masih berusia belia. Kedua orangtuanya menyadari bahwa DeGrandis mengalami perbedaan soal daya ingat dibanding orang lain. Namun DeGrandis tidak pernah menganggap kemampuannya signifikan. Hingga akhirnya pada 2010 silam, DeGrandis menyaksikan sebuah acara program televisi Amerika, 60 Minutes, acara talkshow yang memiliki tema mengenai orang-orang dengan kemampuan Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM).

HSAM adalah suatu kemampuan di mana seseorang memiliki kemampuan daya ingat tinggi, tetapi kelebihan itu memiliki batasan. Si pemilik kemampuan hanya bisa mengingat dengan sempurna segala kejadian yang terjadi dalam hidupnya, bukan orang lain.

Akhirnya, DeGrandis pun menyadari bahwa ia memiliki kesamaan dengan orang-orang dalam acara itu. Dalam acara tersebut hadir narasumber yang memahami masalah HSAM bernama profesor James McGaugh, seorang profesor neurobiologi dan perilaku di Universitas California, Irvine.

Usai acara, McGaugh mendapatkan 600 email dan telepon dari orang-orang yang memiliki kemampuan HSAM, di antaranya adalah DeGrandis. Namun berdasarkan diagnosa profesor McCaugh bersama timnya, hanya 60 orang yang dipastikan memiliki kemampuan tersebut, termasuk DeGrandis.

Tidak hanya kenangan indah, seseorang yang memiliki kemampuan HSAM tetap akan mengingat kenangan buruk dalam hidup yang sulit dilupakan. Beruntung, DeGrandis tidak pernah memiliki pengalaman atau kenangan buruk dalam hidupnya. “Saya amat beruntung. Saya memiliki kehidupan yang baik dan memiliki banyak kenangan bahagia yang dapat saya pikirkan kembal,” katanya. ** Baca juga: Junxi Temukan Pisau Berusia 3.000 Tahun di Sungai

Ditambahkan McGaugh, pemilik kemampuan HSAM akan memiliki ingatan secara rinci dalam jangka waktu yang lama.(ilj/bbs)

Berita Terbaru