oleh

Lion Air Klaim Belum Terbang Saat Penumpang Panik

Kabar6-Pihak managemen maskapai Lion Air membatah dugaan ketidaksiapan operasional pesawat tujuan Jakarta-Singapura, menyusul terjadinya insiden kepanikan dari ratusan penumpang, akibat pendingin udara dibagian pesawat tersebut diketahui tidak berfungsi.

Kepala Humas Maskapai Lion Air, Edwar Sirait juga tidak membenarkan, atas adanya informasi yang menyatakan, bahwa saat insiden itu terjadi, pesawat dengan nomor penerbangan JT 0152 ini, sudah dalam kondisi terbang mengudara.

“Ya, jadi saat itu, pesawat masih takeoff, bukan sudah terbang. Dan, karena ada pendingin udara dibagian belakang pesawat yang diketahui tidak berfungsi, akhirnya pilot mengarahkan pesawat kembali ke parkiran,” ujarnya, saat dihubungi Kabar6.com melalui telepon selulernya, Sabtu (27/9/2014).

Edwar juga menegaskan, bahwasanya saat ini, para penumpang pesawat yang mengalami sedikit gangguan teknis tersebut, sudah kembali diberangkatkan dengan pesawat lain. “Mereka (para penumpang) juga sudah terbang dengan pesawat lain satu jam kemudian,” tukasnya.

Namun, saat ditanya soal standarisasi pengoperasian transportasi udara pada maskapai berlambang kepala singa ini, Edwar menjawab dengan tegas, bahwa pihaknya telah melakukannya sesuai dengan teknis pelaksanaanya.

“Jauh sebelum melakukan penerbangan, tim teknisi kami selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi pesawat. Begitupun pada pesawat ini, dan kondisinya dinyatakan baik-baik saja. Apalagi, ini merupakan penerbangan pertama, tentunya pengecekan pasti lebih optimal,” urainya.

Insiden tersebut, jelas Edwar, dinilai lebih kepada hal-hal yang diluar dugaan saja. Bahkan, dirinya berkeyakinan, tidak akan terjadi dampak apapun, kalaupun pesawat tersebut terus melanjutkan perjalanan.

Sedangkan, soal kepanikan para penumpang saat insiden itu terjadi, Edwar menduga, kemungkinan karena petugas pramugari dipesawat tersebut, tidak dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik, dalam hal ini adalah langkah komunikasi kepada mereka.

“Kalau kepanikan penumpang, kemungkinan saat itu Pramugari kami tidak dapat menenangkan mereka, yang saat itu dalam keadaan panik,” jelasnya.

Kendati demikian, tambah Edwar, insiden ini sedianya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepan, agar pihaknya dapat mengoptimalkan kenyamanan para penumpangnya. **Baca juga: Penumpang Lion Air Panik Diudara.

Untuk diketahui, insiden batal  mengudaranya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0152 tujuan Jakarta-Singapura, akibat adanya kepanikan ratusan penumpang saat mengetahui kondisi pendingin udara pada pesawat tersebut tidak berfungsi, kiranya terekam jelas dalam sebuah video yang berhasil diabadikan oleh salah seorang penumpang.

Sedangkan, insiden tersebut terjadi tak lama dari jadwal keberangkatannya, yakni pada pukul 08.30 WIB, melalui Terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta Tangerang.(ges)

Berita Terbaru