oleh

Kunjungan Wisatawan di Banten Tembus 20 Juta Orang

Kabar6-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten menargetkan jumlah wisatawan yang datang mengunjungi 526 destinasi wisata alam maupun buatan di tanah jawara itu akan tembus hingga 20 juta orang pada tahun 2014.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang tahun 2013 tercatat ada sekitar 18 juta wisatawan lokal maupun manca negara bertandang ke ratusan titik wisata diwilayah tersebut.

“Target tahun 2014 akan naik menjadi 20 juta orang. Tingkat tingkat kunjungan wisatawan ramai pada Sabtu dan Minggu, Natal, Tahun baru, dan hari libur sekolah,” kata Kepala Disbudpar Provinsi Banten, Endrawati, Jumat (26/9/2014).

Sedangkan Wisata unggulan yang dimiliki Provinsi Banten diantaranya adalah, Pantai Anyer, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, Pantai Bagedur, dan Badak Bercula Satu di Taman Nasional Ujung Kulon.

Dimana, Pantai Sawarna yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, menyumbang sebesar 22,5 persen wisatawan di Provinsi Banten,

“Promosi yang kita lakukan tidak untuk orang dalam, tapi untuk orang luar. Dan, tahun 2015 nanti kita akan coba event nasional dan regional,” terangnya.

Guna menjaga kenyamanan wisatawan, Endrawati menyarankan kepada seluruh pedagang, pengusaha hotel maupun restoran di lokasi wisata, untuk memasang daftar menu dan harga di tempat usahanya masing-masing. **Baca juga: Kekeringan Landa Sejumlah Wilayah di Banten.

Endarwati juga berharap adanya kerjasama lintas Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), agar kenyamanan wisatawan dapat terjaga. “Untuk mendukung wisata Banten, terutama jalan, ya harus ada kerjasama lintas SKPD,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru