oleh

Lezat, 2 Sumber Makanan Ini Ternyata Bisa Picu Karang Gigi

Kabar6-Seiring usia, setiap anak mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan, yang di sisi lain dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi. Menempelnya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi inilah yang menyebabkan terbentuknya plak (karang gigi), hingga akhirnya akan membuat gigi berlubang.

Apa saja sih sumber makanan yang ternyata bisa memicu karang gigi? Melansir dokter.id, ini sumber makanan yang dimaksud:

1. Makanan manis
Salah satu makanan yang telah banyak diketahui sebagai penyebab terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang adalah gula atau makanan manis seperti permen, gulali, cokelat, dan berbagai jenis makanan manis lainnya.

Meskipun makanan manis memang dapat membantu memperbaiki mood, mengonsumsi terlalu banyak juga berbahaya bagi kesehatan gigi, terlebih bila Anda tidak rajin menggosok gigi.

Mengapa makanan manis dapat menyebabkan gigi berlubang? Hal ini karena gula yang terdapat di dalam makanan manis akan diubah menjadi suatu zat asam oleh bakteri yang terdapat di dalam mulut. Zat asam inilah yang berbahaya bagi gigi karena dapat menimbulkan lubang-lubang mikro pada permukaan gigi.

2. Makanan yang mengandung karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat juga merupakan salah satu penyebab terbentuknya karang gigi. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa biskuit asin justru merupakan penyebab utama dari terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang.

Makanan berkarbohidrat lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi adalah nasi dan roti. Hal ini karena sisa nasi dan roti di antara sela gigi juga sulit dihilangkan, meskipun Anda telah menggosok gigi.

Jadi, sangat dianjurkan untuk membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi, baik setelah makan maupun setelah menggosok gigi. ** Baca juga: Sesuai Jenisnya, Ada Cara Berbeda Redakan Sakit Kepala

Hal ini untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi setelah menggosok gigi.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru