oleh

Lewat Hitungan Matematika, Pasutri Lansia di AS Telah 10 Kali Menang Lotre dengan Total Lebih dari Rp390 Miliar

Kabar6-Pasangan suami istri (pasutri) lansia asal Amerika Selatan (AS), Jerry Selbee (80) dan Marge (81), berhasil menjadi pemenang lotre berkali-kali dari dua negara bagian AS selama 10 tahun.

Tak tanggung-tanggung, uang yang berhasil mereka kumpulkan dalam rentang waktu 2003 hingga 2012 sebesar lebih dari Rp390 miliar. Bagaimana pasutri ini dapat dengan mudah memenangkan lotre?

Rupanya, melansir Insider, mereka menggunakan pengetahuan aritmatika dasar yang menjadi alkulasi statistik sederhana untuk memprediksi angka lotre yang menang. Dengan cara itu, Selbee dapat memecahkan angka lotre yang bakal keluar dalam waktu singkat. “Hanya butuh waktu kurang dari dua menit untuk saya menyadari bahwa permainan ini bisa mendatangkan keuntungan,” kata Selbee.

Pasutri yang tinggal di sebuah kota kecil bernama Everett, Michigan, ini nyaris sepanjang hidup mereka tidak ada hal menarik yang pernah terjadi sebelum 2003. Selbee belum lama pensiun dari pekerjaannya, saat pria itu mulai sering berjalan-jalan melewati papan iklan permainan lotre negara bagian, Windfall.

Dia membaca tulisan kecil di iklan tersebut dan dengan kelihaiannya dalam soal matematika yang telah dipupuk sejak kuliah di Universitas Western Michigan, Selbee menyadari ada peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. “Saya menemukan keanehan,” ungkap Selbee.

Untuk memenangkan tarikan lotre Windfall, pemain harus bisa mencocokkan seluruh angka yang jumlahnya enam. Jika tidak ada yang bisa menebak urutan keenam angka itu dengan benar, hadiah lotre dibagi antara orang-orang yang berhasil menebak dengan benar urutan lima, empat, dan tiga angka.

Dengan peraturan ini, kesempatan menang dalam menginvestasikan sejumlah uang ke tiket lotre jauh lebih tinggi daripada membeli lotre lain yang tidak membagi-bagi uang jackpot untuk banyak orang. ** Baca juga: Beri Efek Positif, Pelecehan di Tempat Kerja Berkurang Setelah Ada Produk Hukum yang Cegah Bullying di Korsel

Selbee menghitung dan mendapati, jika dia membeli tiket sebesar Rp16,5 juta maka berdasarkan penghitungan matematika, dia akan memiliki setidaknya satu lotre yang menang empat angka.

“Dari 18 (tiket lotre), saya mendapatkan Rp15 juta untuk kemenangan 4-angka dan 18 kemenangan 3-angka yang masing-masing senilai Rp750.000 ribu, kalau ditotal jadi Rp13,5 juta. Jadi, dengan mengeluarkan uang Rp16,5 juta, saya mendapat Rp28,5 juta,” papar Selbee. “Ini hanyalah aritmatika dasar.”

Selbee dan Marge telah berhasil mengantongi jutaan dolar dari permainan itu. Namun uang tersebut tidak digunakan bermewah-mewah, melainkan untuk membiayai pendidikan cucu-cucu mereka.

Dan apabila dihitung-hitung, pasangan lansia ini juga memiliki tiket-tiket Windfall seberat total lebih dari 60 ton.(ilj/bbs)