oleh

Lagi Bertelur, Buaya Muara Ditangkap Warga Banten

Kabar6-Warga Kampung Lebak Bojong, Kelurahan Purwadadi, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, kiranya harus lebih waspada saat beraktivitas di kawasan Sungai Ciujung yang mengalir di wilayah setempat.

 

Itu menyusul ditangkapnya seekor buaya muara yang tengah bertelur di kawasan sungai di wilayah setempat.

 

“Pas saya mau ke kebun, saya lihat buaya itu sedang menjaga telurnya,” kata Bahruji, warga setempat yang menemukan buaya tersebut, Sabtu (30/05/2015).

 

Bersama warga lainnya, Bahruji kemudian menangkap buaya tersebut. Selain menangkap buaya tersebut, warga juga mengamankan sebanyak 38 buah telur buaya.

 

“Kami tangkap sejak empat hari lalu. Buaya itu sempat saya taruh di halaman rumah, dengan kondisi mulut dan tubuh terikat,” ujarnya.

 

Setelah sempat menjadi tontonan warga, buaya dengan panjang 2,5 meter dan berat berkisar 120 kilogram itu, kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Serang.

 

Sedianya, buaya tersebut dianggap meresahkan, karena diduga telah memakan hewan ternak seperti kambing dan ayam. ** Baca juga: ICW Desak Pemprov Banten Tolak Permintaan Fee Dana Aspirasi

 

Sementara, Kepala BKSDA Serang, Andri Ginson, mengatakan buaya muara tersebut rencananya akan diserahkan kepada PT Eka Nindia Karsa, pengelola penangkaran buaya di Cikande, Kabupaten Serang.

 

“Ini dilakukan agar buaya tersebut mendapatkan pengobatan, karena mengalami luka,” ujarnya.(tmn/din)

Berita Terbaru