oleh

Kriteria Penerima Bansos di Tangsel

Kabar6-Dinas Sosial Tangerang Selatan menyebutkan kriteria penerima bantuan sosial selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan diterapkan.

Kepala Dinas Sosial, Wahyunoto Lukman menerangkan, warga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 36.162 KK mendapatkan bantuan sosial.

Wahyu menjelaskan, sebanyak 13.453 KK akan mendapat bantuan sosial pangan sembako ditambah dengan program keluarga harapan (pkh) bagi yang punya anak sekolah, anak usia dini, ibu hamil, dan lanjut usia.

“Kemudian ada perluasan program bansos pangan sembako 6608 KK, kartu untuk keluarga penerima manfaat (kpm) segera dibagikan pihak BNI,” ujar Wahyu kepada Kabar6.com. Kamis (16/4/2020).

Adapula sisa keluarga miskin dalam DTKS yang belum mendapatkan program bantuan sebanyak 15.650 KK akan mendapat paket sembako dari Kemnsos, dan akan dikirim langsung ke alamat rumah masing-maeing oleh vendor jasa pengiriman.

Wahyu mengatakan, untuk bantuan dari Kota Tangsel sendiri merupakan bantuan diluar yang sudah terdaftar dalam DTKS, yang nantinya akan mendapatkan bantuan non tunai sebesar Rp600 ribu per keluarga per 1 kali masa PSBB.

“Keluarga miskin atau rentan lainnya dengan kriteria tidak punya sumber mata pencaharian tetap dan atau penghasilan dan atau gaji pokok tetap serta tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar pangan selama PSBB,” terangnya.

Untuk Bansos di Tangsel, Wahyu menuturkan, saat ini sedang di data oleh kelurahan, kecamatan masing-masing.

**Baca juga: 12 Cek Poin Selama PSBB di Tangsel, Cek Lokasinya.

“Nantinya akan diberi bansos berupa uang non tunai atau tunai untuk beli bahan makanan dengan sumber bantuan berasal dari APBD Pemkot Tangsel dan Provinsi Banten,” tuturnya.

Wahyu memaparkan, jika pahitnya PSBB ini berlanjut, maka bantuan sosial nantinya akan tergantung kemampuan keuangan daerah.

Diketahui, PSBB Tangerang Raya akan dimulai pada hari Sabtu 18 April 2020 pukul 00.01 WIB.(eka)

Berita Terbaru