oleh

Konsumsi Makanan yang Dianjurkan untuk Sahur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang tidak sedikit orang yang malas makan sahur karena berbagai alasan. Alhasil mereka lebih memilih makanan siap saji bahkan junk food, karena dianggap lebih praktis.

Diketahui, fast food memiliki banyak menu gorengan yang sebaiknya tidak dimakan saat sahur. Proses pencernaan makanan gorengan perlu waktu dan energi yang besar. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas dan mengantuk seharian. Gorengan pun dapat membuat perut menjadi kembung dan Anda cepat haus.

Jadi, jenis makanan apa yang dianjurkan untuk sahur? Dikutip TabloidNyata, berikut empat jenis makanan yang dimaksud:

1. Karbohidrat dari beras merah
Beras merah bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik, karena tergolong karbohidrat kompleks. Proses penguraian karbohidrat kompleks bisa membuat tubuh dapat bertahan, meski tidak mendapatkan asupan makanan selama berjam-jam.

2. Sayur & buah adalah nutrisi yang baik untuk tubuh
Selain itu, asupan serat dan mineral bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Pilihlah sayur dan buah dengan kadar air tinggi. Misalnya, sayur yang dapat diolah menjadi sop. Sementara untuk buah, dapat dipilih buah melon atau semangka.

Mengonsumsi buah saat sahur, dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dan elektrolit. Namun jangan mengonsumsi buah dengan rasa terlalu asam, karena hal ini bisa berefek pada lambung.

3. Biji-bijian
Biji-bijian kaya akan serat, yang mampu membantu sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan. Selain itu, juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihlah antara kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis, atau kacang polong sebagai asupan saat sahur.

4. Daging
Daging juga menjadi pilihan yang bagus saat sahur. Kandungan protein yang tinggi dalam daging, memastikan tubuh tidak kekurangan energi sepanjang hari. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsi terlalu banyak. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Bisa Picu Stres

Menu sahur yang tepat akan membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru