oleh

Kilang Anggur Berusia 1.500 Tahun Ditemukan di Kota Yavne, Dapat Hasilkan 2 Juta Liter per Tahun

Kabar6-Tim arkeolog menemukan kilang anggur berusia 1.500 tahun di pusat Kota Yavne, Israel. Kilang tersebut diyakini mampu menghasilkan hingga dua juta liter anggur per tahun.

Penemuan itu meliputi gudang, lima pemeras anggur, tempat pembakaran untuk memproduksi bejana penyimpanan dari tanah liat dan puluhan ribu pecahan guci, serta guci yang utuh.

Otoritas Barang Antik Israel, melansir Dailymail, mengatakan bahwa penemuan tersebut mengungkapkan Kota Yavne didominasi industri pembuatan anggur selama periode Bizantium. “Perhitungan kapasitas produksi mesin pemeras anggur ini menunjukkan bahwa sekitar dua juta liter anggur dipasarkan setiap tahun, sementara kita harus ingat bahwa seluruh proses dilakukan secara manual,” demikian pernyataan tim arkeolog.

Pada periode Bizantium yaitu sekira 520 Masehi, minum anggur merupakan hal biasa bagi orang dewasa dan anak-anak. Alasannya, saat itu kualitas air buruk.

Anggur akan dihancurkan oleh orang-orang yang bertelanjang kaki dalam upaya untuk mengekstrak cairan di kilang tersebut. Kemudian, cairan anggur masuk ke kompartemen yang berbeda di sekitar gudang untuk difermentasikan. Selanjutnya, dimasukkan ke dua tong berbentuk segi delapan yang digunakan untuk mengumpulkan anggur.

Jon Seligman, salah seorang direktur penggalian, mengatakan fasilitas itu akan membuat anggur Gaza dan mengekspornya ke seluruh wilayah. ** Baca juga: Parasut Gagal Dibuka, Seorang Prajurit di Kolombia yang Lakukan Terjun Payung Selamat

Otoritas Barang Antik Israel menerangkan, fasilitas itu ditemukan selama dua tahun terakhir selama serangkaian penggalian untuk mengembangkan Kota Yavne lebih lanjut.

“Sejauh ini, situs lain di mana anggur diproduksi diketahui dari dataran pantai selatan. Tapi sekarang, kami sepertinya telah menemukan pusat produksi utama anggur bergengsi ini. Dari sini, jumlah komersial diangkut ke pelabuhan, dan kemudian ke seluruh lembah Mediterania,” terang Seligman.

Kota Yavne sendiri terletak di distrik pusat Israel, berjarak sekira 15 mil dari Tel Aviv dan hanya beberapa mil di sebelah timur Laut Mediterania.(ilj/bbs)

Berita Terbaru