oleh

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bantu Cerahkan Kulit

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kulit memperoleh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi ini membantu melindungi kulit dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Nah, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang terlihat sepele, namun dapat membantu mencerahkan kulit? Dilansir Livestrong, berikut empat kebiasaan yang dimaksud:

1. Konsumi air
Mengonsumsi air sebanyak delapan gelas sehari bukan berarti bahwa Anda harus minum air sepanjang hari. Air juga ditemukan dalam makanan, misalnya kuah sup dan juga buah-buahan.

Tambahkan seiris jeruk lemon atau jeruk nipis agar Anda tertarik mengonsumsi air putih. Konsumsi air membuat Anda tetap terhidrasi dan menyingkirkan racun tubuh. Kulit akan terlihat lebih lembap jika terhidrasi.

2. Konsumsi vitamin C
Vitamin C membantu mengurangi penuaan dini dan merupakan komponen penting yang membantu membuat kulit bersinar. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit terlihat lebih muda dan mengurangi keriput. Vitamin C dapat ditemukan dalam beberapa makanan seperti blueberry, jeruk, kentang manis, bahkan teh hijau.

3. Konsumsi asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 mencegah kulit kering. Menurut HealthySkincare, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dapat mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, mengurangi peradangan yang menyebabkan kerusakan kulit, mengurangi kulit kering dan masalah kulit lain seperti eksim, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Asam lemak omega-3 banyak ditemukan pada ikan salmon, ikan tuna, dan lemak. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 dengan sendirinya, sehingga sangat penting untuk menambahkan ini ke dalam menu harian Anda.

4. Cukup tidur
Bukan hanya makanan, pastikan juga Anda cukup tidur agar selalu segar sehingga kulit akan tampak bersinar dan tak tampak lelah. ** Baca juga: Begini Cara Cerdas Hindari Dehidrasi

Yuk, mulai biasakan menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru