oleh

Kasihan, Wanita Uganda Ini Ditinggal Kabur Suaminya Usai Lahirkan Bayi Kembar Tiga

Kabar6-Kelahiran seorang bayi yang biasanya disambut hangat dan suka cita oleh orangtuanya dan sanak saudara, ternyata tidak berlaku untuk Nelson Oculu (50).

Bagaimana tidak, melansir Tuko, pria yang tinggal di Desa Anai-Okii, Uganda Utara, ini malah lari dari rumah setelah mengetahui istrinya, Catherine Akello (42), melahirkan bayi kembar tiga. Sikap Oculu yang menolak bertanggung jawab ini keruan saja membuat marah banyak orang. Menurut laporan media lokal, Oculu tiba-tiba menghilang dari rumahnya setelah mendengar Akello melahirkan bayi kembar tiga.

Akello mengatakan, dia baru saja ke luar dari rumah sakit setelah melahirkan, dan kembali ke rumah bersama tiga anak yang baru lahir, saat wanita itu melihat pintu rumah dikunci dengan gembok baru.

Ia pun merasa ada yang tidak beres. Akello dan tiga bayinya harus duduk di luar rumah selama berjam-jam dalam cuaca yang dingin demi menunggu Oculu pulang. “Ketika saya sampai di rumah, saya menemukan pintunya terkunci, tapi bukan kunci yang biasa, melainkan kunci baru,” terang. Akello. “Suami saya tidak ada di rumah dan ketika dia kembali, dia berkata dia tidak mengizinkan kami masuk dan tak mau mendengarkan siapa pun.”

Selanjutnya, kakak ipar Akello yang bernama Kenneth Kolo, menawarkan untuk membawa Akello ke rumahnya, namun ditolak karena rumah Kolo terlalu jauh dan dia kelelahan sehabis melahirkan. Hingga akhirnya, seorang tetangga yang baik memberi Akello dan ketiga anaknya tempat tinggal.

Akello berharap, Oculu akan segera berubah pikiran, tetapi tanpa diduga, sang suami malah melarikan diri dari rumah. Dia sama sekali tak berniat untuk bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya.

Diketahui, Oculu dan Akello telah mengarungi biduk rumah tangga selama 20 tahun. Sebelum melahirkan, ketiga anak kembar, pasangan ini memiliki empat anak lain. Menurut Kolo, ini bukan pertama kalinya Oculu bertindak tak menyenangkan’ terhadap istri dan anak-anaknya.

Tindakan adiknya, dikatakan Kolo, tentu membuat sakit kepala keluarga. “Dia menyebabkan istri pertamanya sangat kesakitan sehingga dia memutuskan berpisah,” ujar Kolo. ** Baca juga: Isyaratkan Kemampuan Navigasi Bersifat Universal, Peneliti Ajari Ikan Mas Menyetir

Sementara itu seorang tetangga baik bernama Judith Acio merawat Akello mengatakan dirinya sangat sedih atas apa yang terjadi pada wanita itu. “Saya sangat sedih ketika saya datang ke rumahnya dan menemukannya meringkuk dalam keadaan dingin. Jadi saya memutuskan untuk membawanya pulang,” kata Akello.

Denis Ogweng, kepala desa Anai-Okii, menerangkan bahwa dia tidak pernah menerima informasi tentang Oculu. “Saya hanya tahu wanita itu karena pria tersebut. Kami tidak di rumah. Kami tidak mengambil apa pun, tindakan saat ini karena polisi telah memasuki penyelidikan,” terang Ogweng.(ilj/bbs)