oleh

Kapal Angkut Pupuk Terbakar di Dermaga Krakatau

Kabar6-Kapal yang sedang mengisi pupuk terbakar di dermaga Krakatau Bandar Samudera (KBS), Kota Cilegon, Banten, pada Minggu pagi, 30 Oktober 2022. Asap mulai terlihat sekitar pukul 05.10 WIB.

Asap pertama kali diketahui oleh salah satu Anak Buah Kapal (ABK). Sumbernya berasal dari ruang mesin kapal MV Abu Samah.

“Terjadi kebakaran di ruang mesin kapal yang sedang melakukan loading memuat pupuk jenis Dea Amonioum Phospat milik PT PUSRI dengan PBM PT KJS dan agen PTG TM. Saat kejadian telah termuat sekitar 1.300 ton pupuk DAP dari sekitar 5.000 ton kapasitas muatan,” ujar Bambang Sumantri, rescue Basarnas Banten, Minggu (30/10/2022).

Kemudian sekitar pukul 05.30 WIN datang tiga unit mobil pemadam kebakaran milik PT KBS yang dibantu dua unit tuh boat dari KBS serta Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) untuk memadamkan api dari laut.

Hingga sekitar pukul 07.15 WIB api belum bisa dipadamkan dan khawatir menjalar ke lokasi lainnya, kapal kemudian ditarik menjauh ke tengah laut, menggunakan empat kapal tug boat. Sedangkan seluruh kru kapal telah di evakuasi ke daratan.

“Posisi kapal sekarang lego jangkar di sekitar Pulau Ular dalam proses pemadaman,” jelasnya.(Dhi)

 

Print Friendly, PDF & Email