oleh

Kabupaten Tangerang Siapkan Pembangunan Jembatan Layang di Bitung dan Cikupa

Kabar6-Untuk mengatasi kemacetan di jalan nasional, Jalan Raya Serang, Pemerintah Kabupaten Tangerang siapkan rancangan pembangunan jembatan layang atau flyover di Bitung dan Cikupa.

“Dua jembatan layang ini sedang tahap pembuatan Detail Engineering Disgn (DED),” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Selamet Budi, Kamis (18/4/2019).

Budi mengatakan jembatan layang Bitung akan dibangun sepanjang 600 meter dari lapangan Pertamina, melewati lampu merah hingga pintu tol Bitung.

“Nanti dari jembatan layang ini akan ada interchange langsung ke gebang tol,” katanya.

Menurut Budi, Bitung merupakan salah satu titik kemacetan paling parah di Kabupaten Tangerang. Penyebabnya, kata dia, kapasitas dan volume kendaraan yang tak seimbang, menjadi tempat bus dan angkot ngetem, serta terdapat banyak U-turn yang membuat laju kendaraan lambat. “kondisinya sudah sangat semrawut.”

Sementara jembatan layang Cikupa dibangun dari Pasar Cikupa hingga gerbang Perumahan Citra Raya. Desain kontruksi dan pendanaan Budi menyebutkan sama dengan Bitung.

**Baca juga: Kapolresta Tangerang Minta Anggota di TPS Siaga Jaga Kotak Suara.

Hanya saja, kata dia, karena berada di ruas jalan nasional untuk pendanaan konstruksi jembatan layang Cikupa dan Bitung akan dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kabupaten Tangerang hanya menyiapkan kajian dan lahan saja,” kata Budi. (GFM)

Berita Terbaru