oleh

Inilah Negara Dengan Populasi Mobil Terbanyak

IlustrasiKabar6-Jumlah kendaraan roda empat semakin lama terus meningkat. Di kota-kota besar dunia termasuk Jakarta, meningkatnya populasi mobil menimbulkan masalah klasik yaitu kemacetan di jalan raya.

 

Namun tahukah Anda jika Indonesia ternyata tidak masuk dalam daftar negara dengan populasi mobil terbanyak di dunia? Lantas negara-negara mana saja yang masuk kategori itu? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari Therichest.

 

1. Islandia

Merupakan negara dengan luas tidak lebih dari 103 ribu meter persegi. Lantaran tidak adanya fasilitas transportasi umum, membuat warganya memilih untuk membeli kendaraan. Tercatat per 1.000 populasi terdapat 646 mobil.

 

2. Luksemburg

Negara yang satu ini terletak di antara Jerman, Prancis, dan Belgia. Di Luksemburg GDP-nya mencapai US$107.206. Dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi membuat warga Luksemburg dapat dengan mudah membelanjakan uangnya, termasuk untuk membeli kendaraan. Di negara dengan jumlah populasi setengah juta orang ini, terdapat 667 mobil per 1.000 penduduk.

 

3. Monako

Negara yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu kiblat otomotif, mulai dari skala lokal hingga internasional sekelas balapan Formula One (F1) kerap digelar. Terhitung dari 1.000 penduduk, tercatat terdapat 729 mobil.

 

4. Liechtenstein

Merupakan negara yang berada di Eropa Tengah serta diapit Swedia dan Austria, memiliki populasi 37 ribu orang. Meskipun telah memiliki fasilitas transportasi yang memadai, termasuk jaringan kereta dan bus, banyak warga Liechtenstein yang memilih memiliki kendaraan roda empat sendiri. Alhasil terdapat 744 mobil per 1.000 penduduk.

 

5. San Marino

Merupakan negera dengan tingkat populasi kendaraan tertinggi. Dari 1.000 populasi penduduk, terdapat 1.139 mobil. Sebagian warga San Marino memiliki dua mobil, padahal luas wilayah negara tersebut 10 kali lebih kecil daripada Chicago.(ilj)

 

Berita Terbaru