oleh

Hindari Mabuk dalam Perjalanan Mudik

Kabar6-Salah satu hal yang mengganggu saat mudik adalah mabuk perjalanan, terlebih bila Anda menggunakan transportasi umum. Padatnya penumpang dan kondisi dalam angkutan umum seringkali membuat Anda merasa tidak nyaman, hingga akhirnya mabuk perjalanan.

Bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, Anda sebaiknya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, termasuk makanan yang tak tepat sehingga membuat perut terasa penuh. Makanan berat, kaya bumbu, atau berlemak hanya akan membuat mabuk perjalanan semakin parah.

Hindari juga makanan berbau menyengat untuk mencegah mual. Pilih tempat duduk yang memungkinkan Anda sedikit merasakan guncangan. Jika mudik dengan pesawat, pilihlah bagian tengah dekat sayap. Dan jika naik kapal laut, pilih kabin bawah dekat bagian utama kapal.

Usahakan jangan membelakangi arah perjalanan, atau pilihlah duduk samping sopir jika menggunakan kendaraan pribadi maupun bus. Hindari juga membaca buku atau selalu melihat pesan di ponsel jika Anda mudah mabuk perjalanan.

Ketika mudik dengan mobil atau kapal laut, menatap satu titik bisa membantu mencegah mabuk laut. Sebisa mungkin buka jendela agar udara segar masuk, sehingga Anda terbebas dari mabuk perjalanan.

Hal lain, hindari sugesti mabuk perjalanan. Tidak ada salahnya juga Anda minum obat anti mabuk perjalanan, dan jika memang diperlukan coba minta resep kepada dokter. (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru