oleh

Hindari Konsumsi Air Es Usai Makan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Gaya hidup yang identik dengan makanan cepat saji dan minuman dingin merupakan pola makan tidak sehat yang mampu mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh.

Namun harus diakui bahwa tidak sedikit orang yang mengonsumsi air es usai makan. Padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan. Diktip dari
Kawaii Beauty Japan, berikut uraiannya:
1. Mempersempit saluran usus
Mengonsumsi minuman dingin apalagi disertai dengan batu es memang menyegarkan, mulai dari es teh manis, es krim, atau soda. Tapi, minuman tersebut ternyata berakibat fatal bagi pencernaan.

Cairan dingin yang melintasi saluran pencernaan mampu membekukan lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sebelumnya. Akibatnya, lemak-lemak tersebut akan tinggal lebih lama dalam saluran pencernaan (tidak terbuang bersama feses) dan pencernaan pun terganggu.

Lemak yang tertinggal dalam usus akan mempersempit saluran pencernaan sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lebih gampang gemuk dan penyakit pun lebih gampang menjangkiti tubuh kita.

2. Meningkatkan risiko serangan jantung
Selain berbahaya bagi pencernaan, ternyata air dingin juga menyimpan bahaya bagi kesehatan jantung. Lemak yang menggumpal ternyata dapat menghambat aliran darah dari dan ke jantung.

Lemak yang menggumpal tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner sendiri berfungsi untuk menyuplai darah ke otot jantung. Apabila suplai darah ke otot jantung terganggu maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Pengertian serangan jantung itu sendiri adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. ** Baca juga: Mengapa Wanita Tiongkok Jarang Terkena Kanker Payudara?

Karena itulah disarankan agar Anda mengurangi konsumsi minuman dingin atau yang disertai es. Biasakan diri mengonsumsi minuman dengan suhu ruangan atau hangat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru