oleh

Hey, Jangan Tahan Bersinmu Ya

Kabar6-Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut, yang dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi.

 

Kerasnya suara bersin terkadang membuat kita malu, terlebih bila berada di tempat umum. Karena itulah tak jarang beberapa orang sering menahan bersin.

 

Tapi, tahukah Anda bahwa menahan bersin ternyata tidak baik untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

 

1. Menahan  bersin akan membuat pembuluh darah di bagian putih mata pecah. Akibatnya, dapat menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris.

 

2. Bersin yang ditahan membuat Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecahkan gendang telinga atau cedera pada bagian dalam telinga.

 

3. Ketika Anda menahan bersin, akan menyebabkan cedera pada diafragma. ** Baca juga: Kenali Penyebab Kesemutan

 

4. Menahan bersin menyebabkan pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.

 

Bersin dapat menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika Anda bersin, maka Anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

 

Jadi, jangan pernah menahan bersin Anda. Sebagai langkah antisipasi, Anda dapat mempersiapkan tisu atau saputangan untuk menutup hidung dan mulut saat bersin. Mudah khan? (ilj)

Berita Terbaru