oleh

Hadapi Ancaman Megathrust, TNI Ajak Masyarakat Banten Tanam Pohon

Kabar6-Komando Resor Militer (Korem) 064 Maulana Yusuf mengingatkan potensi gempa megathrust yang bisa memicu terjadinya tsunami di pulau Jawa terutama di Selat Sunda.

Sebagai langkah Mitigasi Korem 064/Maulana Yusuf dalam tahun ini akan menanam pohon sebanyak 250 ribu bibit pohon Ketapang di dua zona merah rawan gempa.

Danrem 064/MY, Kolonel Inf Windiyatno mengatakan, mitigasi bencana Korem 064/MY sudah menyiapkan sebanyak 250 ribu bibit pohon Ketapang dan akan g ddi zona merah gempa yaknaawi Panimbang Pandeglang dan Binuangeun Lebak.

“Insya Allah mulai bulan Desember kita tanam, kita punya dua wilayah yang masuk zona merah rawan gempa,” katanya kepada awak media di Kota Serang, Kamis (8/8/2019).

Selain dengan cara menanam pohon dikatakan Danrem, pihaknya juga sudah mengedukasi masyarakat untuk senantiasa mencermati bahaya bencana alam dan memeberikan edukasi mitigasi bencana kepada Bhabinsa yang ada di daerah pesisir.

**Baca juga: Gelar Coffee Morning, Korem 064/MY Ajak Media Edukasi Pentingnya Kebersihan.

“Seperti kemarin kita bersama aparat terkait menuntun masyarakat untuk menjauh ke tempat ketinggian namun memang tidak semua masyarakat nurut,” ucapnya.

Diketahui, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko pada pertengahan Juli lalu. Saat itu dia menyebut adanya potensi gempa megathrust di selatan Pulau Jawa yang dapat memicu tsunami.(Den)

Berita Terbaru