oleh

Gegar Pencurian Kabel 81 Jalur PJU di Kabupaten Tangerang Mati

Kabar6-Bupati Tangerang, Zaki Ahmed Iskandar mengakui di sejumlah ruas jalan fasilitas penerangan jalan umum (PJU) mati. Kondisi itu akibat kabel jaringan listrik dicuri oleh para pelaku tindak kejahatan yang berhasil ditangkap polisi.

“Jadi tidak salah tadi 81 titik, yang pasti di beberapa titik itu PJU di satu jalurnya itu jalurnya mati,” katanya di Mapolsek Panongan saat hadiri gelar perkara, Rabu (6/7/2022).

Polisi mengamankan dua orang pelaku berinisial WS, 27 tahun, dan MTA, 19 tahun. Kedua orang yang ditetapkan sebagai tersangka itu dalam setiap aksinya berpura-pura menjadi petugas PLN.

Zaki menyebutkan, kedua tersangka memotong kabel ukuran tiga dan lima meter. Satu jalur kabel yang dipotong oleh komplotan tersebut membuat 20 hingga 30 titik PJU mati.

“Nah ini belum lagi waktu dan biaya kabel kabel yang dicuri, tapi tadi kalau dikatakan oleh pak Kapolres kerugiannya sampai 700 juta mungkin kalo ditambah dengan segala macem perbaikannya itu bisa lebih dan yang diambil ini memang tembaga yang sangat berharga,” jelasnya.

**Baca juga: Petugas PLN Gadungan Ratusan Kali Mencuri di Tangerang Raya

Zaki mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tangerang agar segera melapor ke petugas terdekat. Bila menemukan ada kegiatan penanganan kabel listrik sebaiknya dicermati karena rawan terjadi tindak kejahatan.

“Apalagi ditemukan indikasi pemotongan-pemotongan kabel segera lapokan kepada penegak hukum yang terdekat polsek, kantor desa, kantor kecamatan,” tegasnya.(rez)