oleh

Dua Ekor Buaya Masuk Pemukiman Warga di Kabupaten Tangerang

Kabar6-Dua ekor buaya muara berukuran sedang terdampar di pemukiman warga Kabupaten Tangerang. Diduga binatang reptil tersebut terbawa arus banjir. Kedua buaya dievakuasi dari warga Tigaraksa dan Cikupa.

“Buaya pertama yang dievakuasi pada hari Jumat siang di rumah Pak Dasuki beralamatkan di Perum Permata Blok A4/6 RT 04/02 Desa Matagara, Tigaraksa,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, berdasarkan keterangan Dasuki bahwa buaya itu berawal ditenemukan ketika masih berukuran kecil satu tahun yang lalu. Kini sudah berukuran lumayan besar panjang kurang lebih 90 centimeter dan bobot 5 kilogram.

Buaya itu ditemukan di sungai sekitar kawasan Industri Milenium Tigaraksa usai banjir tahun yang lalu. Ia sempat membawa pulang ke rumahnya untuk diamankan.

Selama satu tahun buaya itu hidup di rumah Dasuki dengan dibuatkan tempat penampungan berukuran kecil dari kayu. “Semakin hari buaya itu semakin besar karena itu beliau melaporkan untuk dievakuasi ke habitatnya,” jelas Munir.

**Baca juga: Korpri Bantu 128 Petugas Penggali Makam Covid-19 TPU Buniayu

Evakuasi buaya kedua pada hari Jumat malam di rumah Fauzi, Jalan Raya Serang KM 15 Cikupa. Ukuran buaya yang dieevakuasi kedua ini berukuran besar.

“Dua kali lipat ukuran buaya sebelumnya. Menurut Pak Fauzi agar diserahkan ke BKSDA DKI Jakarta untuk di lepas ke habitatnya,” ujar Munir.(yud)

Berita Terbaru