oleh

Diberi Nilai 77,87 Persen, Ketua DPRD : Kinerja Sekwan Pengaruhi Optimalisasi Kinerja Dewan

Kabar6-Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo menyatakan pelayanan kinerja Sekretariat DPRD cukup mempengaruhi optimalisasi kinerja para Anggota DPRD. Sebab, keberadaannya sebagai fasilitator Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsi legislatif.

“Sangat berpengaruh,” ujar Gatot saat dimintai keterangan, Kamis (7/4/2022).

“Misalnya gini. Persolan adminstrasi kan ada di Staf, makannya beberapa kali kita negor Sekwan untuk terus lakukan pembenahan, semangat mereka bagus, terus lakukan evaluasi dan perbaikan kalau belum sempurna ya belum sempurna. Karena tidak ada yang sempurna. Jangan merasa pada posisi zona nyaman karena payung hukum terus berkembang,” sambungnya.

Hal tersebut merespon indeks kepuasan Anggota DPRD pada tahun 2021 terhadap pelayanan sekretariat DPRD hanya 77,87 persen.

Berdasarkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Sekretariat DPRD tahun 2021, yang terbit tahun 2022. Laporan itu masih ditandatangani oleh Sekretaris DPRD, Agus Sugiono. Sedangkan saat ini Sekretaris DPRD dijabat oleh Said Endrawiyanto.

Kendati mempunyai kendala salah satunya yakni sumber daya aparatur Sekretariat DPRD secara kualitas masih belum memadai dan belum sepenuhnya berorientasi kepada pelayanan kepada DPRD dalam menjalankan trifungsi DPRD.

Gatot menyampaikan, berkembangnya payung hukum harus juga menjadi perhatian para pegawai Sekretariat Dewan. Seperti Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan turunan lainnya. Mereka diminta meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam kinerjanya.

“Ada turunannya terus ada lagi payung hukum Undang-undang, ada PP, Permen dan sebagainya. Terus persoalan administrasi, seperti kemarin laporan BPK. Komputerisasi kan kemarin tabel tahun lalu hanya 3 kolom sekarang sampai 12 kolom. Nah mereka harus kuasai hal-hal seperti itu,” katanya.

**Baca juga: Jajaran Takjil di Kota Tangerang Dicek Kandungan

Gatot menyampaikan apresiasi pada kinerja sekretariat DPRD yang terus melakukan pembenahan dalam mendukung kinerja para Anggota DPRD. Pihaknya pun sudah melakukan pemanggilan terhadap Sekretaris DPRD, Kabag dan Kasubag untuk didorong pembenahan kinerja.

“Intinya kita apresiasi kinerja Sekwan dan jajarannya tapi jangan cepat puas dan berada di zona nyaman, terus tingkatkan kapasitas. Semangatnya itu agar nanti teman-teman Dewan menerima aduan dari masyarakat juga bisa maksimal, intinya simbiosis mutualisme, komunikasi dua arah,” tandas Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang itu. (Oke)

Berita Terbaru