oleh

Dewas : Pelayanan Perumdam TKR Terus Mangalami Peningkatan

Kabar6-Ketua Dewan Pengawas Perumdam TKR Moch. Maesyal Rasyid menyatakan pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang terus mengalami peningkatan.

Saat ini sedang melaksanakan beberapa kegiatan pembangunan Infrastruktur pemasangan perpipaan ke wilayah kecamatan yang beberapa tahun sebelumnya belum terpasang pipanisasi.

“Tentunya ini kita berharap penambahan sambungan baru pelanggan dan target RPJMD Kabupaten Tangerang di tahun 2023 harus tercapai,” ujar pria yang juga Sekda Kabupaten Tangerang ini, seperti dilansir dari perumdamtkr.com, Jumat (26/8/2022).

Sebelumnya, Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar, menyatakan dengan pencapaian yang diraih saat ini perusahaan daerah air minum Kabupaten Tangerang siap memberikan kontribusi kepada BUMD air minum di tanah air.

“Termasuk di bidang sistem informasi dan teknologi,” ujar Sofyan dalam Forum Group Discussion Nasional Manajemen dan Pengelolaan Perusahaan Air Minum yang dihadiri oleh beberapa Narasumber dari 4 Kelembagaan/Kementerian, seperti dilansir dari perumdamtkr.com, Senin (22/8/2022).

Diketahui FGD tersebut Para Narasumber yang hadir yakni Anang Muchlis Direktur Air Minum Kementerian PUPR Ditjen Cipta Karya, Budi Santoso, Direktur BUMD/BLUDBMD Kementerian Dalam Negeri.

Kemudian, Indra Khaira Jaya Direktur Pengawasan BUMD/BLU/BUMDES Deputi Bidang Akuntansi Negara BPKP Pusat yang diwakili oleh Bonardo Korwas BPKP Pusat, dan juga Hari Setiyono Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis Kejaksaan Agung yang diwakili oleh Kasubdit Subroto, pada Jum’at 12 Agustus 2022 lalu.

Menurut Direktur Perusahaan plat merah Kabupaten Tangerang ini, adanya perubahan dan transformasi tekhnologi pasca Covid-19 beberapa BUMD Air Minum harus siap menghadapi Tekhnologi 5.0 dan mekanisme strategi pengadaannya.

Seperti hadirnya Sistem Meter PrePaid (Pra-Bayar) juga Smart Meter berbasis NBIoT diharapkan adanya terobosan dari kementerian dan kelembagaan terkait. Terlebih diharapkan untuk membuat peraturan seperti mewajibkan pemasangan baru PDAM wajib menggunakan Smart Meter atau Meter Prepaid seperti PLN dan membantu pendampingan dalam mempermudah PDAM/BUMD Air Minum melaksanakan aturan pengadaaannya dan model kerjasamanya.

Sofyan mengatakan Perumdam TKR saat ini telah menerapkan sistem digitalisasi untuk berbagai layanan. Hal ini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan.

**Baca juga: Ratusan Nakes PMI Kota Tangerang Disuntik Booster Kedua

“Termasuk digitalisasi sistem perpipaan, sistim hidrolis, pengoperasian IPA dan Boosterpump, terbukti dengan adanya Sistem Operation Monitoring Room di TKR,” katanya.

“Dengan adanya FGD ini yang dihadiri oleh beberapa narasumber berharap Transformasi Digitalisasi Perusahaan Air Minum di Indonesia bisa diterapkan dan di implementasi untuk 13 juta pelanggan air minum di Indonesia secara bertahap sampai tahun 2025 mendatang, jadi jangan hanya uji coba saja,” tandasnya. (Oke)