oleh

Demi Pembangunan RSU Kota Tangerang, 2 Ruko Dibongkar Paksa

Kabar6-Demi percepatan pembangunan akses jalan menuju Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membongkar habis dua ruko Graha Cikokol, Blok D No 1, Jalan Raya Sudirman, Rabu (5/9/2012).

Pembongkaran dilakukan oleh ratusan petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) serta pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang.

“Menurut rencana, besok (Jumat, 7 september 2012) pemancangan tiang utama RSU Kota Tangerang sudah akan dilakukan. Makanya, sekarang kami mulai membongkar ruko ini,” ujar Dafyar Eliyadi, Kepala Dinas Tata Kota Tangerang ketika ditemui di lokasi.

Menurutnya, pembongkaran ruko Graha Cikokol diperlukan untuk membangun akses jalan menuju RSU dan untuk mempercepat rencana pembangunan RSUD Kota Tangerang yang akan di bangun di lahan Fasos/fasum Modernland.

“Akses jalan dibutuhkan agar selama pembangunan juga tidak mengganggu pengguna jalan di kawasasan moderland,” singkatnya.

Disinggung mengenai keberadaan ruko yang sempat bermasalah itu, Dafyar mengatakan bahwa pembongkaran ini sudah sesuai dengan prosedur dan pihaknya pun sudah memberitahu pemilik gedung.

“Apapun alasannya, tidak dibenarkan ada bangunan yang berdiri di atas Garis Sempadan Situ (GSS). Jadi tidak kelemahan bagi Pemkot untuk membongkar bangunan tersebut. Apalagi ini demi kepentingan publik,” tandasnya.

Kepala Satpol PP Kota Tangerang, Irman Pujahendra langkah pembongkaran dilakukan sesuai aturan yang berlaku, setelah sebelumnya pemilik gedung sudah diberi tenggat waktu untuk memindahkan barang-barangnya,” ujarnya.

Kepala Dinas PU Kota Tangerang, Karsidi yang juga hadir dalam pembongkaran mengatakan, rencananya akses jalan menuju RSU akan dibangun sepanjang 700 meter dengan lebar sekira 20 meter dengan lebar badan jalan sekira tujuh meter.

“Mudah-mudahan, besok pengerjaan fisik akses jalannya akan segera dimulai, karena pembangunan RSU juga akan segera dimulai,” katanya.(iqmar)

Berita Terbaru