oleh

Buah yang Baik Dimakan Saat Berbuka Puasa

Kabar6-Saat berbuka puasa memang tidak disarankan untuk langsung menyantap makanan yang terlalu berat. Biasanya sebagian orang akan mengawali dengan makan kurma, jajanan manis atau asin, kolak, dan lain-lain.

Selain makanan tadi, makanan yang disarankan untuk berbuka puasa adalah buah-buahan. Melansir dokter.id, ini empat buah-buahan manis yang baik dikonsumsi saat buka puasa:

1. Kurma
Kurma mengandung zat gula yang tinggi, vitamin A, B2, B12 sehingga baik dikonsumsi saat berbuka, di mana kadar gula tubuh sudah menurun.

2. Pisang
Mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Selain itu, pisang juga bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

3. Apel
Apel mengandung vitamin A, B dan C, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, mengatasi masalah nafsu makan yang berlebihan.

4. Blewah
Mengandung beta karoten yang cukup tinggi, sehingga membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan gula buah blewah tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk penderita kencing manis. ** Baca juga: Bagaimana Memulai Pola Makan Sehat?

Hal yang harus diperhatikan, buah sudah memiliki kandungan gula alami sehingga saat disajikan, misalnya diolah dalam bentuk minuman, sebaiknya jangan diberi tambahan gula secara berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru