oleh

Besok, Ribuan Buruh Kepung Puspemkab Tangerang

Kabar6-Besok, Senin (24/11/2014), ribuan buruh dari berbagai organisasi kembali akan menggeruduk kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (puspemkab) Tangerang.

Aksi buruh kali ini, akan difokuskan guna mendesak kenaikan upah sebesar 30 persen pada tahun 2015. Mereka mengancam akan melakukan sweeping dan memblokir ruas jalan.

Dijadwalkan, buruh yang akan turun ke jalan besok berasal dari Aliansi Rakyat Tangerang Raya (ALTTAR) dan Konferensi-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI).

“Sekarang kita tengah melakukan berbagai persiapan untuk aksi demo besok,” ujar Koswara, Presidium KSPSI, saat dihubungi kabar6.com, Minggu (23/11/14).

Dijelaskan Koswara, tuntutan kenaikan upah tahun 2015 sebesar 30 persen, sedianya sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Itu mengingat semakin tingginya kebutuhan saat ini, ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM, yang berdampak pada melonjaknya harga.

Sementara, minimnya dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, tak urung memicu buruh mengambil langkah sendiri dengan kembali turun ke jalan.

Menurut Koswara, rekomendasi kenaikkan UMK tahun 2015 yang disodorkan kepada Bupati sebesar Rp. 3.200.000. Namun, Bupati hanya mengabulkan upah sebesar Rp. 2.700.000, dan merekomendasikannya kepada Gubernur Banten. **Baca juga: Bikin Macet, Warga Hardik Ulah Buruh Tangerang.

“Sebetulnya kita tinggal menunggu penandatanganan dari Gubernur. Tapi tetap kita akan menggelar aksi, karena usulan upah tidak sesuai dengan tuntutan. Apalagi bila melihat perbedaan kenaikan upah di Tangerang dan kota lain cukup tinggi,” ujarnya

Para buruh juga akan menggelar aksi yang lebih besar lagi, dan akan mengadakan aksi mogok jika tuntutan mereka masih dibawah rata-rata.(shy/agm)

Berita Terbaru