oleh

Begini Persiapan Tol Tangerang-Merak Hadapi Arus Balik Lebaran

Kabar6-Pada arus balik Lebaran 2019, Astra Tol Tangerang-Merak atau PT Marga Mandalasakti (MMS) memaksimalkan operasional 95 gardu regular dan menyiapkan rekayasa lalu lintas sebagai langkah antisipasi kepadatan kendaraan.

Kepala Divisi Humas dan Hukum PT MMS, Indah Permanasari pada Rabu (12/6/2019) mengatakan, 95 gardu terdapat pada 10 Gerbang Tol.

Terdiri atas 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem dengan komposisi Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 29 gardu terdiri atas 15 Gardu Entrance, 11 Gardu Exit dan 3 Gardu Ramp.

**Baca juga: MMS: 43 Persen Kendaraan Belum Kembali.

“Serta penambahan 2 lajur transaksi pada on ramp Cikupa, 2 lajur di GT Serang Timur dan 2 lajur di GT Merak serta mengoptimalkan 9 mobile reader,” katanya.

Dalam upaya menangani kepadatan arus balik serta liburan dilakukan penangan lalu lintas diantaranya sebagai berikut:

a. Pengoperasian gardu tandem di Gerbang Merak sebanyak 2 unit saat antrean arus balik dan petugas pengaturan lalu lintas antrean gerbang dan gardu tandem sebanyak 10 petugas siaga.

b. Pengoperasian gardu tandem di Gerbang Tol Serang Timur sebanyak 1 unit saat antrean arus balik Wisata.

c. Tambahan 30 personel pelayanan gardu yang tersebar di 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak serta memaksimakan penggunaan 9 mobile reader pada gardu exit Merak dan Serang Timur.

d. Pengaturan antrean arus balik dan wisata di Gerbang Merak, Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Timur dan Cikupa.

e. Mekanisme manajemen lalu lintas dengan pengaturan pengalihan arus exit dari Serang Timur ke Serang Barat saat terjadi kepadatan di akses Gerbang Serang Timur.

f. Informasi terkini melalui layanan Variable Message Sign(VMS) sebanyak 21 unit yang tersebar di sepanjang Tangerang–Merak dan akses gerbang, serta twitter @tol_mms.

Indah menambahkan diskon 15 persen tarif tol kembali diberlakukan pada periode arus balik yaitu tanggal 10 sampai 12 Juni 2019. (GFM)

Berita Terbaru