oleh

Begini Kata Budayawan Soal Genangan Air di Kota Tangerang

Kabar6-Hujan deras yang mengguyur hampir di seluruh wilayah Kota Tangerang selama sekitar satu jam lebih sore tadi, cukup melumpuhkan jalan-jalan protokoler di kawasan tersebut.

 

Ya, kemacetan terjadi di mana-mana, akibat banyaknya genangan air dengan ketinggian antara 30 hingga 40 sentimeter. ** Baca juga: Diguyur Hujan, Sejumlah Jalan di Kota Tangerang Tergenang

 

Kondisi itu pun, tak urung mendapat kritikan pedas dari Tubagus Saptani Suria, salah seorang budayawan setempat.

 

Dirinya menilai, bahwa hal tersebut merupakan satu dari segudang permasalahan, yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

 

“Hujan serempak mengakibatkan genangan air setinggi 30 sentimeter di sejumlah ruas jalan. Namun kelemahan ini selalu tidak di respon oleh pemerintah setempat,” ungkapnya.

 

Padahal, lanjut dia, Pemkot Tangerang pun sudah mengetahui, bahwa itu merupakan dampak dari lemahnya saluran air.

 

“Saat ini, kegotongroyongan di masyarakat Kota Tangerang sudah hilang. Pemerintah saat ini tidak lagi melibatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan-kegiatannya,” sesal dia.

 

Pria yang tinggal di Jalan Cempaka Blok A 27 Nomor 1, Banjara Wijaya, Kecamatan Cipondoh, ini pun menyindir pemerintah setempat, yang saat ini tengah sibuk dalam kegiatan Adipura.

 

“Sayangnya, apa yang sudah dilakukan pemerintah pada Adipura ini, akhirnya justru tidak terlihat sama sekali. Faktanya, hujan sedikit, terjadi genangan, cat-cat di trotoar memudar, pohon-pohon yang di tata rapi kembali semrawut,” sindirnya.

 

Sebagai penggiat budaya di Provinsi Banten, dirinya juga berpesan, agar sebaiknya budaya seperti gotong royong, budaya peduli itu ditingkatkan. ** Baca juga: Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Naik 10 Persen

 

“Bisa ditumbuhkan mulai dari tingkat sekolah TK sampai usia dewasa. Dinas terkait pun memiliki kewajiban untuk menumbuhkan budaya tersebut, agar tidak lagi tergerus oleh arus zaman modern saat ini,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru