oleh

Beberapa Makanan yang Ternyata Bisa Picu Keputihan

Kabar6-Keputihan (Fluor Albus) merupakan sekresi vaginal pada wanita. Pada dasarnya keputihan dapat digolongkan menjadi dua yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Sementara keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.

Keputihan merupakan kondisi paling mengganggu yang membuat organ kewanitaan menjadi tidak nyaman, bahkan dalam kasus yang parah, keputihan juga disertai gatal-gatal yang hebat.

Selain disebabkan oleh kebiasaan perawatan organ intim yang buruk serta faktor kebiasaan lainnya, ternyata keputihan juga bisa dipicu dari konsumsi beberapa makanan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah tiga makanan yang bisa memicu keputihan:

1. Gorengan dengan bumbu pedas
Gorengan saja sudah bisa memicu terjadinya masalah keputihan, apalagi jika disertai dengan bumbu pedas. Dalam gorengan biasanya terdapat banyak tepung yang merupakan sumber gula. Nah, kandungan ini bisa mengkatkan jumlah bakteri pada organ intim.

2. Makanan kalengan
Makanan kalengan jika dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan risiko terkena masalah alergi serta keputihan. Sebaiknya kurangi makanan kalengan, dan rutin mengonsumsi makanan alami (organik).

3. Makanan tinggi gula
Makanan yang tinggi gula atau manis sebaiknya dikurangi, sebab bukan hanya menyebabkan obesitas saja, makanan tinggi gula juga bisa mempermudah bakteri berkembang lebih cepat di daerah intim yang bisa memicu keputihan. ** Baca juga: Tonton Film Dokumenter Tingkatkan Mood Bahagia

Yuk, kurangi ketiga jenis makanan tadi agar Anda tidak mengalami keputihan.(ilj/bbs)