oleh

Bagaimana Jam Biologis Tubuh?

Kabar6-Selama ini mungkin Anda kurang mengetahui bahwa tubuh memiliki jam biologis, yang berfungsi mengatur apa yang harus dilakukan tubuh secara alami.

 

Artinya, kapan tubuh harus beristirahat, makanan, dan lain-lain selama 24 jam, sudah diatur secara alami oleh tubuh kita. Jam biologis ini berjalan karena adanya Suprachiasmatic Nuclei (SCN).

 

Mengapa pada malam hari tubuh kita terasa lelah dan mengantuk? Itu karena hormon melatonin. SCN akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon melatonin saat hari sudah gelap.

 

Namun tubuh juga dapat beradaptasi, misalnya untuk para pekerja malam. SCN akan beradaptasi mengeluarkan hormon melatonin, sehingga mereka akan tetap terjaga walaupun hari sudah gelap.

 

Untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, tubuh membutuhkan tidur, sekitar tujuh hingga sembilan jam setiap hari. Perbaikan sel ini dipicu oleh hormon yang bernama Human Growth Hormone (HGH).

 

Tidur cukup sama artinya membiarkan Anda memulihkan tubuh kembali. Alhasil, saat bangun tidur Anda merasa bugar dan sehat. ** Baca juga: Mengenal Susu Lebih Dekat

 

Sementara itu, jika Anda sering mengonsumsi makanan asin, akan membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga proses perbaikan sel terganggu dan tidur Anda pun akan terganggu.

 

Sama halnya, mengkonsumsi makanan manis pun dapat membuat kita sulit tidur, karena otak akan memerintahkan mengeluarkan hormon insulin. Akibatnya, gula yang ada dalam pembuluh darah akan disimpan dalam sel otot, hati dan lemak.

 

Karena kadar gula dalam tubuh rendah, otak akan memerintahkan untuk mengeluarkan hormon kortisol yang memecah lemak menjadi gula. Efek samping dari hormon kortisol adalah dapat memicu stres sehingga waktu tidur Anda akan terganggu.

 

Saat tidur, mungkin Anda merasa tidak ingin buang air kecil. Itu disebabkan karena ketika kita tidur, tubuh memproduksi hormon vasopressin yang menghambat pengeluaran urine, sehingga kita bisa tidur tanpa terganggu harus ke kamar kecil.

 

Saat pagi menjelang, Anda disarankan untuk minum segelas air hangat, yang akan mendorong enzim-enzim dalam mulut ke dalam lambung untuk proses detoksifikasi. Lakukan kebiasaan itu 20 menit sebelum Anda mengkonsumsi sarapan atau minuman lainnya. Kurang dari 20 menit maka hasilnya kurang optimal.

 

Berolahraga pada pukul lima pagi sebenarnya kurang bermanfaat, karena saat itu suhu tubuh masih rendah, dan otot belum panas. Karena itulah dianjurkan untuk berolahraga pada jam tujuh pagi, karena tubuh menghasilkan hormon serotonin yang meningkatkan mood. Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi hormon ini.

 

Tubuh kita berada dalam kondisi optimal tiga jam setelah bangun tidur, karena darah sudah mengaliri tubuh dengan sempurna, sehingga semua zat yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

 

Untuk perawatan kulit sangat tepat jika dilakukan pada pukul 16.00 WIB, karena tubuh dalam suhu yang paling tinggi, sehingga pori-pori terbuka dan nutrisi terserap sempurna.

 

Jika Anda berniat ke dokter gigi atau melakukan penyuntikan ke dokter, sebaiknya lakukan pada pukul 17.00 WIB, karena saat itu tubuh dalam kondisi puncak dalam menahan rasa sakit.

 

Pukul 18.00 WIB merupakan saat yang tepat untuk berolahraga, karena kekuatan dan fleksibilitas tubuh dalam kondisi puncak, dan kandungan glikogen dalam tubuh cukup banyak. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa, yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

 

Dengan mengetahui jam biologis tubuh, Anda pun dapat menjaga kesehatan tubuh dengan hasil yang optimal. (ilj)

Berita Terbaru