oleh

Atasi Batu Ginjal/Saluran Kemih dengan ESWL

Kabar6-Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas bagi pasien yang mengalami keluhan batu ginjal/saluran kemih. Saat ini RS Awal Bros Tangerang telah dilengkapi dengan dengan alat ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

Terapi untuk menghancurkan/memecahkan batu ginjal/batu saluran kemih ini berkisar antara kurang lebih sekitar Rp 6.000.000,-untuk sekali tindakan.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang ESWL, berikut hasil wawancara dengan Dr. Edhi Hapsari Mulyoningtyas, SpU Spesialis Bedah Saluran Kemih (Urology) RS Awal Bros Tangerang.

Apakah yang dimaksud dengan penyakit batu ginjal/batu saluran kemih?

Batu ginjal atau batu saluran kemih adalah terbentuknya batu pada ginjal serta saluran kemih yang akan menyebabkan pasien mengalami beberapa keluhan seperti sakit pinggang dari ringan hingga kolik, nyeri pada BAK (buang air kecil), BAK bercampur darah, retensi urin hingga tidak keluarnya urine sama sekali.

Kenapa penyakit batu ginjal dapat menyerang di usia produktif (usia20 tahun)?

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis semakin banyak menyerang pada usia muda yang berusia 20-40 tahun. Pemicunya adalah gaya hidup kalangan muda yang tidak sehat serta maraknya makanan dan minuman olahan mengandung bahan kimia.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko gagal ginjal karena bahan-bahan kimia tersebut mengendap dalam tubuh sehingga merusak fungsi ginjal.

Benarkan tanpa operasi batu ginjal dapat diatasi?

Benar, dengan menggunakan alat canggih ESWL, maka sebagian besar batu ginjal dan batu saluran kemih dapat dipecahkan tanpa operasi kecuali batu tersebut terlalu besar atau ada kelainan di saluran kencing.

Dalam proses pemecahan batu saluran ureter biasanya menggunakan alat khusus lithoclast, tindakan ini diperlukan bius lokal.

Apakah yang dimaksud dengan ESWL?

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah terapi non-invasif (tanpa operasi/bedah) untuk penghancuran batu ginjal menggunakan terapi kejut (shock wave) yang ditransmisi dari luar tubuh.

Kapan pasien perlu dianjurkan untuk ESWL?

ESWL dianjurkan pada batu ginjal dan batu saluran kemih yang masih terdapat pasase urine di distal batu/obstruksi parsial.

Apakah selama proses ESWL akan terasa sakit?

Pada umumnya selama tindakn\an akan merasa sedikit sakit. Sebelum dilakukan tindakan akan diberikan obat pengurang rasa sakit. Lamanya tindakan penembakan kurang lebih sekitar 60 menit

Apakah keuntungan tindakkan ESWL dibanding tindakan lainnya?

ESWL adalah terapi non invasif untuk memecahkan batu ginjal, dimana terapi ini dapat berupa rawat jalan/one day care dan tidak memerlukan tindakan pembiusan total.

Sejauh mana keberhasilan terapi ESWL?

Keberhasilan alat ESWL terkini dalam pemecahan batu ginjal mempunyai keberhasilan tinggi tetapi tergantung jenis, ukuran, dan  lokasi batu, rata-rata berkisar antara 80–100 persen.

Persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum menjalani terapi ESWL?

Pertama konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis urologi, setelah itu dokter akan menentukan pemeriksaan penunjang medis yang akan dijalani (pemeriksaan USG, Radiologi, dan Laboratorium).(ir)

Berita Terbaru