oleh

Astaga, Ini Pembantaian Manusia Terbanyak

Kabar6-Pembantaian merupakan suatu peristiwa pembunuhan massal yang langsung dan disengaja, terutama terhadap penduduk sipil yang tidak terlibat dalam pertempuran atau tidak mampu melindungi diri, yang sering dapat dianggap sebagai suatu kejahatan perang.

 

Peristiwa mengerikan itu pernah terjadi di beberapa belahan dunia. Apa saja peristiwa pembantaian terbesar dalam sejarah umat manusia?

 

1. Pembantaian Nankin

Dikenal sebagai Rape of Nanking, saat ratusan ribu warga sipil dibunuh dan diperkosa secara brutal di kota Nanking yang merupakan mantan Ibu Kota Tiongkok. ** Baca juga: Ada Kisah Apa di Balik Model Rambut Ini?

 

Pembantaian ini berlangsung saat para prajurit Angkatan Darat Kekaisaran Jepang memasuki Kota Nanking. Dianggap sebagai pembantaian terburuk dalam sejarah manusia, karena lebih dari 80 ribu orang dan perempuan dibunuh, disiksa, dan diperkosa dalam periode enam minggu.

 

2. Babi Yar Massacre

Babi Yar merupakan jurang di luar Kiev, Ibu Kota Ukraina. Terjadi pada 1941, dengan korban tewas lebih dari 33 ribu orang Yahudi, dalam sebuah operasi tunggal yang dipimpin oleh gubernur militer, Mayor Jenderal Friedrich Eberhardt, Panglima Angkatan Darat Kepolisian Grup Friedrich Selatan Jeckeln dan C Komandan Otto Rasch.

 

3. Hari Pembantaian St. Bartholomew

Dikenal sebagai Massacre de la Saint-Barthelemy, yang terjadi pada 1572 di Paris. Pembantaian itu dimulai dua hari setelah percobaan pembunuhan Laksamana Gaspard de Coligny, yang merupakan pemimpin militer dan politik Huguenot. Diperkirakan sekitar 30 ribu orang tewas dalam pembantaian ini.

 

4. Pembantaian Tawanan NKVD

Dikenal sebagai pembantaian Narapidana, merupakan rangkaian eksekusi massal terhadap para tahanan NKVD di Polandia dan negara-negara Baltik lainnya. Diperkirakan sekitar 22.000 tahanan tewas.

 

5. Pembantaian Katyn

Merupakan peristiwa di mana ribuan tawanan perang Polandia, perwira militer, intelektual, dan polisi dibantai oleh NKVD Soviet, di Hutan Katyn, Rusia. Korban yang tewas mencapai sekitar 21 ribu orang.

 

6. Pembantaian Sabra and Shatila

Pada 1982, Partai Kataeb yang dipimpin oleh Pasukan Kristen Lebanon, melakukan pembantaian terhadap warga sipil Palestina dan Muslim Lebanon. Peristiwa pembantaian dipicu oleh pembunuhan terhadap pemimpin Falangis dan Presiden Bachir Gemayel. Lebih dari 3.500 orang tewas dalam pembantaian ini.

 

7. Pembantaian Batak

Merupakan pembantaian Bulgaria di Batak yang dilakukanoleh pasukan Ottoman pada 1876. Diperkirakan lebih dari 3.000 orang tewas dalam pembantaian ini.

 

8. Pembantaian Granada

Merupakan peristiwa di mana segerombolan orang muslim menyerbu ke Istana Kerajaan Granada, dan membunuh penguasa Yahudi, Yusuf Ibn Naghrela, yang adalah seorang wazir Raja Barber dari Granada. Massa menyerbu ke istana, menyalib Yusuf Ibn Naghrela, dan membunuh sekitar 1.500 keluarga Yahudi yang tinggal di Granada.

 

Semoga saja peristiwa pembantaian tersebut tidak akan terulang lagi dalam sejarah, dan dunia tetap damai.(ilj)

Berita Terbaru