oleh

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner?

Kabar6-Jantung merupakan organ penting yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Dari situlah tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk proses metabolisme. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Salah satu gangguan jantung yang perlu mendapat perhatian khusus adalah penyakit jantung koroner, yang merupakan penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Penyebabnya karena pembentukan plak pada dinding arteri atau pengerasan pada dinding arteri.

 

Jantung memang pekerja keras, karena ia memberi makan ke seluruh tubuh. Sementara jantung diberi makan oleh pembuluh darah koroner yang memiliki ukuran kecil. Jika pembuluh darah koroner yang kecil itu tersumbat, maka terjadi penyempitan pembuluh darah koroner yang biasa disebut penyakit jantung koroner.

 

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik usia tua maupun muda. Dr. Rony M. Santoso, SpJP dari RS Awal Bros, Tangerang, menjelaskan bahwa ciri-ciri penyakit jantung bisa dilihat berdasarkan tingkatan usia muda atau tua.

 

“Biasanya untuk yang muda akan ada rasa sakit di dada kiri saat beraktivitas maupun istirahat dan untuk yang tua sakit dada disertai dengan sesak nafas, terkadang mual, muntah, dan keringat dingin bahkan kalau tidak tahan bisa sampai pingsan,” jelasnya.

 

Pemicu terjadinya penyakit jantung, antara lain adalah gaya hidup yang buruk, termasuk faktor bawaan atau keturunan. Faktor dibagi menjadi dua yakni risiko yang bisa dimodifikasi dan risiko yang tidak bisa dimodifikasi.

 

Risiko yang dapat dimodifikasi misalnya menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi kelebihan berat badan, dan mengontrol kolesterol dlam tubuh.Sementara risiko yang tidak bisa dimodifikasi adalah faktor usia dan bawaan atau keturunan.

 

Dokter Rony menjelaskan bahwa saat serangan jantung pertama, satu-satunya jalan terbaik adalah langsung membawa penderita ke rumah sakit. Sedangkan untuk penderita yang pernah mengalami serangan jantung, biasanya sudah dibekali obat yang diberikan dokter ketika serangan jantung pertama.

 

“Serangan jantung memang merasakan sakit pada dada, namun untuk yang pertama belum mengetahui itu jantung atau tidak. Kalau merasakan sakit pada dada kiri yang menjalar ke lengan kiri cobalah untuk istirahat, kalau rasa sakit tidak hilang dan semakin menjadi maka lebih baik dibawa kerumah sakit. Namun kalau dengan istirahat hilang rasa sakitnya, mungkin itu bukan penyakit jantung,” ungkapnya.(asri)

Berita Terbaru