oleh

Punya Program Daulat Adat, Airin-Ade Dapat Dukungan Warga Baduy

image_pdfimage_print

Kabar6- Sejumlah tokoh masyarakat yang tergabung dalam Lingkar Baduy Bersatu (Libas) memberikan dukungan terhadap pasangan calon gubernur-wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi. Pasangan nomor urut 1 ini dinilai punya komitmen dan program yang menjamin masyarakat dan kehidupan desa adat.

Salah satu program yang digagas Airin-Ade yang diapresiasi warga Baduy yakni Daulat Adat (Memberikan Hak Kehidupan dan Kelestarian Masyarakat Desa Adat). “Secara khusus, Ibu Airin sudah berkunjung ke Baduy, bersilaturahmi dengan kami. Banyak rencana program yang beliau sampaikan, kami mendukung berbagai gagasan yang akan dilaksanakan Airin-Ade,” kata Sekretaris Umum LIBAS Triana kepada wartawan, Sabtu (12/10/2024).

**Baca Juga:Pengamat: DPR tak Perlu Tambah Komisi Walau Kementerian Bertambah

Kata Triana, Airin-Ade memastikan kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak masyarakat adat. Kemudian mendorong keterlibatan masyarakat adat terhadap pembangunan Banten. “Gagasan ini sejalan dengan nilai-nilai kearifan lokal serta kebutuhan masyarakat adat Baduy,” ujarnya.

Menurutnya, Airin punya Ade Sumardi, calon wakil gubernur yang sangat paham tentang masyarakat adat. “Pak Ade lahir dan dibesarkan di lingkungan masyarakat adat kasepuhan di Kabupaten Lebak. Beliau sangat paham apa harapan atau keinginan masyarakat Baduy, yang juga bagian dari suku adat di Banten,” ujarnya.

Airin-Ade juga dinilai sebagai perpaduan pemimpin yang memahami masalah di Banten. Airin sebagai mantan walikota Tangerang Selatan cukup paham dinamika pembangunan di kota metropolitan, khususnya wilayah Tangerang Raya. Sementara Ade Sumardi, mantan wakil bupati Lebak selama 10 tahun memahami pembangunan di wilayah Lebak dan Pandeglang.

“Dengan pengalaman, kerja nyata, dan kebersamaan dari Ibu Airin dan Pak Ade, kami yakin Banten akan semakin maju. Kami akan menjadi barisan kemenangan pasangan ini dan siap menyongsong kedaulatan dan pelestarian masyarakat adat,” ujarnya.

Pembina Libas, Kasmin mengatakan, sejumlah masyarakat kawasan Baduy luar punya hak berpolitik dan bebas menentukan pilihan di Pilkada Banten. “Kami akan mengajak masyarakat adat Baduy untuk bersama-sama memilih pemimpin yang mengerti kebutuhan masyarakat Baduy, yang mampu mendengar dan bertindak untuk kebaikan bersama. Yaitu pasangan Airin-Ade,” pungkasnya. (Red).