oleh

Pesan Paus Fransiskus: Dialog Antariman Kunci Toleransi dan Perdamaian Dunia

image_pdfimage_print

Kabar6-Kesederhanaan sifat yang melekat dalam diri Paus Fransiskus patut ditiru seluruh umat beragama. Pemimpin Gereja Katolik sedunia itu enggan difasilitasi naik pesawat jet dan mobil mewah dalam lawatannya di Indonesia.

Paus Fransiskus memilih terbang naik pesawat komersial ITA Airways Z400. Usai mendarat ia menumpang mobil Toyota Innova Zenik menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

“Saya kira ini luar biasa kesederhanaan beliau. Beliau contohkan bagaimana menjadi pimpinan, karena beliau ini kan bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negara,” kata Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di gedung VIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (3/9/2024).

**Baca Juga: Paus Fransiskus Sosok Sederhana, ke Indonesia Pilih Naik Pesawat Komersil

Paus Fransiskus dalam kunjungan apostolik ke Indonesia kali ini membawa pesan perdamaian terhadap dunia. Ia menyampaikan pesan bahwa pentingnya bagaimana kita menjaga dialog antar iman.

“Karena dialog antar iman itu menjadi kunci bagi toleransi dan perdamaian dunia,” ujar Yaqut.

Ia pastikan tidak mengetahui apa yang akan dibahas Paus Fransiskus dan Presiden RI Jokowi saat pertemuan besok. Meski dirinya akan mendampingi.

“Saya kira ini manifestasi ucapan beliau, dialog menjadi kunci utama bagi sukses perdamaian, bukan hanya dunia tapi antar umat manusia,” terang Yaqut.

Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, pada tanggal 2-13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik yaitu pada 3 sampai dengan 6 September 2024.

Paus Fransiskus dijadwalkan pada 4 September 2024 bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian, pada 5 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor KWI serta misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik.(Yud)

Print Friendly, PDF & Email