oleh

Hasil Penelitian Ungkap, Belasan Ikan Hiu di Perairan Brasil Terbukti Positif Narkoba

image_pdfimage_print

Kabar6-Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ScienceDirect oleh para ilmuwan dari Yayasan Oswaldo Cruz mengungkapkan, perubahan perilaku ikan hiu di perairan Brasil disebabkan karena hewan-hewan itu positif mengonsumsi kokain.

Temuan ini, melansir Skynews, merupakan yang pertama pada hiu liar berdasarkan pengujian terhadap 13 ikan hiu hidung tajam. Sebanyak 12 dari 13 hiu tersebut juga positif mengandung benzoylecgonine, metabolit utama kokain. “Temuan ini menunjukkan potensi dampak keberadaan obat-obatan terlarang di lingkungan,” terang para peneliti.

Para ilmuwan menemukan konsentrasi obat tertinggi pada jaringan otot ikan hiu, tetapi beberapa juga ditemukan di hati dengan konsentrasi hingga 100 kali lebih tinggi daripada yang ditemukan pada hewan laut lainnya. Para peneliti meyakini, hiu menelan kokain dari laboratorium obat-obatan ilegal di daerah tersebut.

Tahun lalu, para ilmuwan mencoba mempelajari efek kokain pada hiu di lepas pantai Florida. “Hiu telah naik dan menggigitnya. Jadi, kedengarannya gila, tetapi kemungkinan terjadinya sebenarnya cukup tinggi,” kata ahli biologi kelautan, Tom Hird, tentang narkoba yang telah dibuang oleh penyelundup di laut.

Mengenai seberapa berbahaya ini bagi manusia, Hird mengatakan hiu lebih berbahaya bagi diri mereka sendiri daripada manusia.

“Jika kokain membuat hiu hiperaktif dan tidak membuat mereka tidur, kepercayaan pribadi saya adalah bahwa itu akan membuat mereka jauh lebih gugup. Dan suara-suara keras, hal-hal seperti penyelam di air yang memercik, semua jenis hal itu, sebenarnya akan mengusir mereka karena itu akan bertindak sebagai pencegah,” papar Hird.

Untuk percobaan tersebut, para peneliti tidak benar-benar memberi makan hiu dengan kokain. Sebaliknya, mereka menggunakan bubuk ikan yang sangat pekat untuk memberi hiu efek serupa, sedekat mungkin dengan kokain.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email