oleh

Seorang Pemancing di Australia Temukan Hiu Misterius dengan Senyum Mirip Manusia

Kabar6-Seorang pemancing laut bernama Trapman Bermagui menemukan hiu dengan penampakan di lepas pantai New South Wales, Australia.

Hiu misterius itu, melansir allthatsinteresting, memiliki mata melotot dengan senyum mirip manusia. Para ahli pun belum yakin, spesies hiu apakah yang diperkirakan berasal dari laut dalam itu. Dalam ungghan foto yang dibagikan Bermagui, menunjukkan kulit hiu yang kasar seperti amplas, moncong runcing besar, mata melotot besar serta gigi putih yang terlihat dari rahangnya.

Fitur hiu yang tak biasa tersebut dengan cepat menarik perhatian pengguna media sosial lainnya yang kagum sekaligus takut. Warganet juga berspekulasi tentang spesies hiu tersebut. Dugaan paling umum adalah bahwa spesimen tersebut adalah hiu pemotong kue (Isistius brasiliensis), karena bekas gigitan khas yang ditinggalkannya.

Dugaan lain termasuk hiu goblin (Mitsukurina owstoni) atau spesies hiu lentera (Etmopteridae). Namun, Bermagui memiliki pendapat sendiri dan menyebutnya sebagai spesis hiu dogfish. Menurut Shark Research Institute, hiu dogfish (Centrophorus moluccensis) adalah jenis hiu gulper, sekelompok hiu laut dalam yang ditemukan di seluruh dunia.

Hiu gulper dulu menjadi sasaran industri perikanan untuk diambil minyak hatinya. Kebanyakan hiu gulper sangat sensitif terhadap eksploitasi berlebihan dari penangkapan ikan. Akibatnya, beberapa spesies sekarang sangat terancam dan dilindungi di Australia. ** Baca juga: So Sweet, Pria Inggris Peringati Ulang Tahun Istrinya Melalui Siaran Radio

Dean Grubbs, ahli biologi kelautan dan ahli hiu di Florida State University, memberikan kesimpulan berbeda. Grubbs menduga, hiu yang mati adalah dogfish kulit kasar (Centroscymnus owstonii), sejenis hiu tidur dari keluarga yang sama dengan hiu Greenland (Somniosus microcephalus).

Meski begitu ada kemungkinan juga hiu termasuk dalam spesies yang belum pernah terlihat sebelumnya.(ilj/bbs)