oleh

Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tinggalkan Jakarta Menuju IKN

image_pdfimage_print

Kabar6-Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan salinan Teks Proklamasi telah meninggalkan Pangkalan TNI AU Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, kemudian Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024).

Berdasarkan tayangan langsung yang disaksikan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu, duplikat Bendera Pusaka dan salinan Teks Proklamasi dibawa menuju Balikpapan menggunakan Pesawat TNI AU jenis Boeing 737-400. Pesawat lepas landas sekitar pukul 09.55 WIB dari Jakarta.

**Baca Juga:Presiden Serahkan 43.122 Hektare Lahan Bersertifikat TORA kepada Masyarakat

Dalam pesawat tersebut, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono turut mendampingi rombongan Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan menyerahkan duplikat Bendera Pusaka dan salinan naskah Teks Proklamasi tersebut menuju IKN.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Perjalanan udara dari Jakarta menuju Balikpapan diperkirakan menempuh waktu sekitar 2 jam.

Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024.

Duplikat bendera Pusaka dan salinan teks Proklamasi sebelumnya tiba di Kawasan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 09.35 WIB.

Kendaraan taktis Maung produksi PT Pindad membawa duplikat Bendera Pusaka dan salinan naskah Teks Proklamasi pada prosesi kirab dari Monumen Nasional menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.(ANTARA)

Berita ini merupakan kerjasama diseminasi LKBN Antara dengan Kabar6.com

Print Friendly, PDF & Email