oleh

Menkominfo Budi Arie Minta Maaf Gangguan Layanan di Bandara dan Pelabuhan

image_pdfimage_print

Kabar6-Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie mengatakan, proses pemulihan gangguan pada perangkat server pusat data nasional dilakukan bertahap. Gangguan pelayanan terjadi di bandara maupun pelabuhan.

“Mohon maaf sangat berdampak kepada pelayanan publik,” ungkapnya, Jum’at (22/6/2024).

Ia pastikan saat ini tim sedang bekerja secara maksimal untuk mempercepat pemulihan. Menkominfo dia tidak menyebut secara detail soal berapa lama waktu yang dibutuhkan agar server PDN dapat kembali normal.

**Baca Juga: Server Rusak, 30 Polisi Siaga di Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta

Sebelumnya, terjadi penumpukan dan antrean panjang para penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (20/6/2024). Hal ini imbas dari gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi membenarkan terkait adanya antrean panjang dampak dari adanya gangguan pada server PDN tersebut.
“Iya, benar terjadi penumpukan akibat server down. Antrean memang ada karena diberlakukan cek manual,” ujar Holik.

Ia menuturkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang, seperti Imigrasi Soekarno-Hatta maupun otoritas lainnya. Hal ini untuk mengurai antrean.

“Itu karena Bandara Soetta area khusus. Kita tidak bisa serta-merta saja,” ucap Holik.​(yud)

Print Friendly, PDF & Email