oleh

Stok Hewan Kurban di Banten Belum Aman

image_pdfimage_print

Kabar6-Jelang Hari Raya Idul Adha, stok sapi dan kambing di Provinsi Banten belum mampu mencukupi kebutuhan hewan kurban masyarakat. Ketersediaan pasokan sapi misalnya, hanya mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan sapi kurban.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah upaya persiapan jelang Hari Raya kurban.

 

Salah satunya, dengan mengecek ketersediaan stok hewan kurban mulai dari sapi potong, kerbau dan kambing.

 

“Estimasi kebutuhan untuk sapi potong sebanyak 8.526 ekor, namun ketersediaan hanya 2.267 ekor. Begitu pun dengan kambing yang kebutuhannya mencapai 35.170 ekor sapi, namun stoknya hanya 21.214 ekor,” kata Eneng, ditemui di kantor Distanak Provinsi Banten, Kamis (10/9/2015).

 

Kondisi berbeda terjadi pada stok kerbau yang mencapai 10.063 ekor. Padahal, kebutuhan kerbau hanya 909 ekor. ** Baca juga: BKPMPT Banten Perketat Rekrutmen Tenaga Kerja Asing

 

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pedagang hewan kurban biasanya mengimpor hewan kurban dari sejumlah daerah di luar Banten, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung.

 

Untuk mengantisipasi masuknya hewan yang terjangkit penyakit dari luar Provinsi Banten, Distanak sudah menyiapkan dua checkpoint masing-masing di Tangerang Selatan dan Merak.(fir)