oleh

4 Negara Tempat Habitat Buaya Terbesar di Dunia

Kabar6-Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara.

Sejumlah negara tempat habitat buaya terbesar di dunia tinggal di kawasan Asia. Buaya muara merupakan buaya terbesar, terpanjang, dan terganas dibanding dengan spesies buaya lainnya.

Populasinya di seluruh dunia diperkirakan antara 20 ribu hingga 30 ribu ekor. Melansir Sindonews, berikut ini empat negara tempat habital buaya terbesar di dunia:

1. Buaya Kolombia
Buaya Orinoco adalah spesies buaya besar yang terancam punah dengan moncong relatif memanjang dan warna cokelat pucat dengan marking cokelat tua yang tersebar. Mereka utamanya tinggal di Cekungan Orinoco. Meski memiliki moncong yang agak sempit, mereka memangsa beragam vertebrata, termasuk mamalia besar.

2. Buaya Sungai Nil
Buaya Nil adalah spesies besar dan agresif dengan moncong besar, terutama pada hewan yang lebih tua. Mereka memiliki warna perunggu gelap dan semakin gelap saat dewasa.

Buaya Nil adalah predator puncak yang mampu memangsa beragam vertebrata Afrika, termasuk ungulat (hewan berukuku) dan predator berukuran besar lainnya. Spesies ini terdaftar sebagai Berisiko Rendah.

3. Buaya Australia
Buaya air asin atau buaya muara adalah reptil hidup terbesar dan paling agresif dari semua buaya. Mereka adalah spesies berkepala besar dan memiliki moncong yang relatif lebar, terutama ketika semakin tua. Warnanya kuning pucat dengan garis-garis hitam ketika muda, tapi berwarna kehijauan gelap saat dewasa.

Spesimen yang ditandai oleh ilmuwan menunjukkan perilaku unik, yaitu melakukan perjalanan laut dalam jarak jauh. Mereka adalah predator puncak di seluruh jajarannya dan memangsa hampir semua hewan dalam jangkauannya. Mereka dikategorikan sebagai ‘berisiko rendah’ dengan beberapa populasi yang berisiko lebih besar.

4. Buaya Indonesia
Buaya Kalimantan sebenarnya adalah spesies buaya air tawar yang dianggap sama dengan buaya muara. Buaya ini banyak hidup di kawasan Asia Tenggara, terutama di Kalimantan.

Buaya jantan dewasa dapat mencapai panjang lebih dari enam meter dan berat lebih dari 500 kg. ** Baca juga: India Dihebohkan dengan Kelahiran Kambing Berwajah Mirip Manusia

Mengingat hanya catatan yang disimpan oleh Australia dan Malaysia, IUCN melaporkan bahwa antara 2000 dan 2007, buaya air asin bertanggung jawab atas hampir 30 serangan terpisah terhadap manusia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru