oleh

Webinar FIFGroup, Dahlan Iskan: Saya Sedih Lihat Dunia Jurnalistik Sekarang Terlalu ‘Receh’

Kabar6-Jurnalis Senior, Dahlan Iskan lakukan Webinar bersama FIFGroup dengan tema “Bincang Asyik Bersama Dahlan Iskan” yang dihadiri oleh ratusan peserta melalui Zoom Meeting pada Kamis 22 April 2021.

Dalam perbincangan itu, pendiri Graha Pena di Surabaya dan Jakarta ini ingin mengembalikan esensi dasar dari sifat dan karakteristrik jurnalisme.

Pria yang akrab disapa Dahlan ini masih terus bersemangat untuk mengenalkan jurnalisme yang baik dan jujur kepada milenial, menuangkannya ke dalam bentuk tulisan-tulisan.

“Ya saya begini orangnya. Apa adanya saja yang saya sampaikan. Tentu saja kejujuran dan idealisme yang saya pegang, juga mempertimbangkan banyak faktor demi kebaikan semua pihak,” ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Dahlan menyatakan sedih melihat dunia jurnalistik pada saat ini yang terlalu ‘receh’. Menurutnya, jurnalistik sekarang menulis atau memberitakan tanpa adanya analisa.

“Saya sedih lihat sekarang seperti terlalu ‘receh’ dunia jurnalistik ini, menulis atau memberitakan tanda adanya analisa. Saya ingin sekali, anak-anak muda sekarang menjadi milenial yang kritis, jujur dan bertanggung jawab dalam bermedia,” tuturnya.

**Baca juga: Bayar Setengah, Tersangka Ini Tusuk Wanita Sewaannya 14 Kali di Ciputat

Dahlan menegaskan, wartawan itu adalah profesi, tidak bisa disebut sebagai pekerjaan. Karena menurutnya, wartawan memiliki otonomi untuk melakukan atau tidak melakukan, menulis atau tidak menulis.

“Karena otonomi itu lah, makanya wartawan terkadang cenderung arogan, sehingga untuk mengontrolnya yaitu dengan kode etik. Saat ini, di zaman sekarang, dunia jurnalistik perlu dikembalikan lagi tanggung jawab dan profesionalismenya,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru