oleh

Vaksinasi Covid-19 Nakes di Lebak Dipastikan Tak Ganggu Pelayanan Kesehatan

Kabar6-Tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Lebak sudah mulai menerima vaksin Covid-19 Sinovac. Vaksinasi dilakukan oleh faskes yang sudah siap melaksanakan.

Pada tahap pertama dengan sasaran nakes, jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Lebak sebanyak 8.040 dosis untuk 2 kali penyuntikan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak dr. Dani Ramdhani, memastikan, pelaksanaan vaskinasi bagi nakes tidak akan mengganggu pelayanan kesehatan di setiap faskes pelaksana.

“Insya Allah tidak akan sampai mengganggu (Pelayanan),” kata Dani saat dihubungi Kabar6.com, Rabu (27/1/2021).

Dani menerangkan, pelaksanaan vaksin dilakukan secara bertahap oleh tim khusus yang terpisah dari pegawai yang melayani masyarakat.

“Pelaksanaannya kan bertahap, dan (Vaksinasi) dilakukan oleh tim yang terpisah dari pelayanan reguler,” ujar Dani.

Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Bachtiar, menuturkan, penyuntikan vaksin pertama untuk nakes masih berjalan di faskes dari total 58 fakses di 28 kecamatan.

“Terus bergerak vaksinasi di setiap faskes sampai dengan Februari. Ini penyuntikan pertama dan penyuntikan kedua akan dilakukan pada bulan Februari,” ujar Bachtiar.

**Baca juga: Badui Berharap Tak Ada Paksaan Vaksinasi Covid-19

Namun, tidak seluruh nakes bisa menerima vaksin karena tidak memenuhi syarat sehingga harus ditunda. Mulai dari faktor kesehatan hingga nakes yang harus menjalani isolasi mandiri karena kontak erat dengan kasus positif Covid-19.

“Setelah nakes selesai, baru kemudian tahap 2 diberikan kepada personel TNI dan Polri selanjutnya aparatur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti Satpol PP dan pegawai di dinas lain. Baru setelah itu vaksin diberikan kepada masyarakat,” terang Bachtiar.(Nda)

Berita Terbaru