oleh

UM dan UAM di Lebak Diikuti 3.200 Siswa MI

Kabar6-Sebanyak 3.200 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Lebak akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah (UAM) dan Ujian Madrasah (UM) dengan tujuh mata pelajaran yang akan diujikan. Jumlah tersebut berasal dari dua MI negeri dan 222 MI swasta.

“UAM dari tanggal 25-28 Maret 2019, tapi untuk UM belum tahu karena ada perubahan. Sedangkan USBN tanggal 22-24 April dengan tiga mata pelajaran,” kata Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lebak, Sudirman, Selasa (26/2/2019).

Sudirman mengatakan, berbagai persiapan sudah dilaksanakan, mulai dari pembinaan kepala madrasah, pemadatan materi siswa.

“Pembinaan-pembinaan tidak lain sejauh mana kesiapan guru-guru madrasah, kemudian kerjasama penyusunan soal,” ujarnya.

Sementara pada tingkat Madrasah Aliyah (MA) tengah berlangsung USBN yang diikuti oleh 2.767 siswa. USBN berlangsung dari tanggal 25 Februari sampai 5 Maret dengan 17 mata pelajaran yang diuji meliputi umum, agama dan peminatan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lebak Akhmad Tohawi menyampaikan, meski 99 persen madrasah di Lebak berstatus swasta akan tetapi tidak kalah dalam bidang pendidikan.

Tohawi berpesan kepada para guru untuk menjadi guru yang profesional dan sabar. Tak cukup hanya mengajar ujarnya, guru juga harus mengembangkan diri dengan menulis dan membaca.

“Guru harus berkarya dan punya inovasi,” katanya.**Baca Juga: PKS Berharap KTP Lebak Dipertahankan.

Ia juga mengingatkan bahwa kelemahan yang masih harus menjadi perhatian terkait dengan data. Apalagi tahun 2019 merupakan tahun integritas data.

“Tidak boleh memanipulasi data siswa. Saya berpesan bekerja dengan kebersamaan agar segala sesuatu yang kita kerjakan bisa tercapai,” pintanya.(Nda)

Berita Terbaru