oleh

Tahun Ini, Pembebasan Lahan Tol Panimbang

Kabar6- Pemerintah pusat kini mulai melakukan pembebasan lahan guna membangun Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83 kilometer, yang melewati empat kabupaten dan kota di Banten.

“Sudah dilakukan (pembebasan lahan). Persis (nya) mulai kapan saya lupa. Yang kita tahu tol ditargetkan beroperasi tahun 2019 nanti,” kata Hudaya Latuconsina, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Rabu (15/03/2017).

Tugas Pemprov Banten pun telah selesai dan tak bisa ikut campur lagi. Karena kewajiban dari pemerintah daerah hanya sebatas menentukan lokasi jalur tol yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada 2014 silam tersebut.

“Patokan (penentuan lokasi) sudah. (Sekarang) tidak ada campur tangan Pemprov (Banten) lagi,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa pembangunan jalan tol tersebut akan melewati Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Lebak dan berakhir di Kabupaten Pandeglang yang terdiri dari 48 desa di 14 kecamatan.

Tol bernilai Rp10,14 triliun yang menggunakan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan dibangun oleh PT Wijaya Karya (Wika) itu diharapkan dapat membuka perekonomian di wilayah Banten Selatan yang masih minum dari infrastrukturnya.(tmn)

 

Berita Terbaru