oleh

Polisi Ringkus 14 Pelaku TPPO di Bandara Soetta

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Direktorat Tindak Pidana Umum Mabes Polri berhasil menggulung 14 anggota sindikat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) lintas provinsi.

Para pelaku diringkus saat sedang menyelundupkan korbannya dari Sumatera Utara ke Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (16/8/2016).

Informasi yang dihimpun kabar6.com, para tersangka sindikat perdagangan orang diringkus saat tiba di terminal 1C Kedatangan Bandara Soetta, dengan menumpang maskapai Batik Air.

Direkrimum Mabes Polri, Brigjen Pol Agus Andrianto mengatakan, penangkapan hari ini merupakan hasil pengembangan kasus perdagangan orang mulai dari Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga Tanjung Balai, Sumatra Utara.

Adapun modus yang digunakan sindikat ini adalah dengan merayu para calon tenaga kerja untuk dipekerjakan di negara Malaysia. Selanjutnya, korban diberangkatkan dengan mengunakan identitas palsu serta dokumen imigrasi palsu. **Baca juga: Belasan Pelajar ABG Disergap Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Selain meringkus para pelaku, polisi juga mengamankan 16 korban perdagangan manusia. **Baca juga: Mayat Pria Tanpa Celana Terkapar di Cisadane.

“Modus yang digunakan adalah dengan menjanjikan calon korban pekerjaan di Malaysia. Sesampainya di Siak, para pekerja itu diberi identitas palsu,” ujar Brigjen Pol Agus Andrianto. **Baca juga: Perampok Direktur PT Perhutani di Pamulang Diperkirakan Gasak Rp1,6 Miliar.

Selanjutnya, ke 16 korban perdagangan orang akan dibawa ke RPTC atau Rumah  Perlindungan Trauma Center di Cipayung, Jakarta Timur, untuk didata dan diberikan pengarahan.(rani/bad)

Berita Terbaru