oleh

Perbaiki Mood Dengan Konsumsi Buah & Sayuran

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health, buah dan sayur tidak hanya bagus untuk fisik, tapi juga dapat membantu mengalahkan suasana hati yang murung, marah, dan sedih.

Para peneliti di University of Warwick di Inggris dan University of Queensland di Australia, dikutip dari meetdoctor, meneliti sekitar 12.000 peserta melalui buku harian makanan untuk melacak konsumsi buah dan sayuran para peserta selama dua tahun.

Para peneliti secara berkala menilai kondisi psikologis peserta dan tingkat kebahagiaan peserta secara keseluruhan. Ditemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran menuai beberapa manfaat mental yang besar selama dua tahun bahkan lebih, setelah mereka melakukan perubahan gaya hidup lainnya di rumah dan di kantor.

Semakin banyak porsi buah dan sayuran yang peserta makan, hingga delapan porsi sehari, semakin besar hasil psikologis yang mereka rasakan. Ketika diukur, kebahagiaan mereka setara dengan kebahagiaan pengangguran ketika mendapatkan pekerjaan.

Dikatakan para peneliti, masih banyak yang harus dilakukan untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi.

Mereka mengatakan bahwa antioksidan di dalam sayur dan buah menyebabkan lonjakan optimisme. Dijelaskan juga, usus yang sehat dapat mempengaruhi otak dan dengan demikian suasana hati Anda ikut terpengaruh dengan cara yang positif.

Hal yang benar-benar mengesankan tentang meningkatkan suasana hati ini adalah bahwa manfaat mental dari konsumsi buah dan sayur, dapat Anda rasakan dengan segera. Para peneliti berharap, hasil penelitian ini semakin memotivasi kita untuk mulai makan lebih banyak sayur dan buah sesegera mungkin.

Untuk hasil yang lebih baik, olahlah buah dan sayur dengan cara yang sehat. Buah lebih baik dimakan segar dan utuh. Begitu juga beberapa jenis sayur seperti selada dan wortel.

Sebaiknya tidak memasak sayur terlalu lama agar kandungan vitamin dan enzimnya tidak hilang sehingga Anda bisa merasakan kegunaannya dengan optimal. ** Baca juga: Olahraga Sederhana Untuk Si “Pemalas”

Disarankan juga mengolah sayuran dengan cara direbus sebentar, dan air rebusannya Anda konsumsi juga. Atau, makan sayur yang sudah diolah menjadi salad dengan tambahan minyak zaitun yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.(ilj/bbs)

Berita Terbaru